UMM Institutional Repository

UPAYA POLRI DALAM MENANGANI MEREBAKNYA PENCURIAN KAYU (Studi di Polres Nganjuk)

SUSANTO, EDY (2005) UPAYA POLRI DALAM MENANGANI MEREBAKNYA PENCURIAN KAYU (Studi di Polres Nganjuk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-edysusanto-3582-PENDAHUL-N.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk mengetahui sejauh mana peran polri dalam menangani penyidikan tindak pidana pencurian kayu. Melihat kondisi pencurian kayu yang semakin meningkat dari tahun ketahun dan melihat kondisi di KPH. Nganjuk sebagians ebsar merupakan hasil tanaman jati sedangkan lainnya tanaman rimba. Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa upaya polri dalam menangani merebaknya pencurian kayu sangat dibutuhkan sekali. Karena keberadaan hutan itu sendiri mempunyai arti yang sangat penting dan salah satu manfaat dari bidang itu adalah sebagai modal Pembangunan Nasional yang mana memiliki manfaat yang nyata bagi kehidupan dan penghidupan bangsa Indonesia. Sedangkan menurut fungsi hutan itu sendiri ada empat fungsi yaitu : lindung, produksi, suaka alam, wisata. Tindak pidana pencurian kayu secara terminologis adalah suatu perbuatan mencuri, sedangkan "mencuri" dan "pencuri" berasal dari kata dasar curi yang mempunyai arti mengambil milik orang lain. Disamping itu uga bisa diartikan sebagai pengambilan kayu dengan cara tidak resmi atau tidak sah, tanpa seijin pihak berwajib. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pihak polresta Nganjuk dalam mengatasi tindak pidana pencurian kayu dan guna mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi pihak penyidik, dalam hal ini pihak polisi beserta Pejabat Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam memberantas pencurian kayu yang dari tahun ketahun semakin meningkat. Metode yang digunakan oleh penulis dalam kajian ini adalah metode yuridis empiris, sehingga data yang diperoleh adalah data berdasarkan pada peraturan yang berlaku juga melihat dari segi kenyataan yang ada dimasyarakat. Melalui penelitian yang mendalam dan sangat teliti penelitian ini mendapatkan hasil bahwa upaya yang dilakukan polri adalah merupakan usaha yang semaksimal mungkin guna menangani dan memberantas pelaku pencurian kayu, dan kendala yang dihadapi oleh polisi dalam menangani kasus ini adalah kurangnya personil dari pihak polisi, masyarakat yang bersifat tertutup dalam hal informasi tentang adanya pencurian kayu, medan di TKP (wilayah hutan) sulit dijangkau oleh pihak polisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya pencurian kayu adalah kebutuhan ekonomi masyarakat yang sangat minim dan selain itu karena keiginan untuk memperoleh hasil dalam hal ini kebutuhan masyarakat yang sifatnya pokok. Dengan demikian, penulis berharap bahwa hasil dari kajian ini dapat dipergunakan sebagai acuan bagi penelitian dan diharapkan pula dapat dijadikan sebagai wacana serta sumbang saran dunia keilmuan khususnya Ilmu Hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:55
Last Modified: 15 Dec 2015 03:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19924

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo