UMM Institutional Repository

ADVOKASI DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI ASOSIASI PEKERJA SEJAHTERA MALANG (Studi Kasus Pembahasan Perjanjian Kerja Bersama)

Sulistiawan, Ronny Dwi (2005) ADVOKASI DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI ASOSIASI PEKERJA SEJAHTERA MALANG (Studi Kasus Pembahasan Perjanjian Kerja Bersama). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-ronnydwisu-3586-1.+PENDA-N.PDF

Download (436kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah advokasi dalam penyelesaian perselisisihan hubungan industrial. Di mana hubungan industrial tidak hanya terbatas pada pengertian industri dalam arti sempit, tetapi meliputi semua badan usaha yang di dalamnya terjadi hubungan kerja, sedangkan hubungan kerja sendiri merujuk pada perjanjian kerja yang telah mereka sepakati. Bentuk perjanjian tersebut sering kita kenal dengan nama Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Berbagai literatur, maupun penelitian sebelumnya telah menggambarkan bagaimana eksploitasi yang terjadi pada pekerja, mereka ditekan untuk tunduk pada PKB yang berlaku di perusahaan tempat mereka bekerja. Pekerja sering berada pada posisi yang lemah dalam proses pembuatan PKB selain itu penawaran tenaga kerja lebih tinggi daripada permintaan dunia usaha dan berbagai faktor lain. Tujuan penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran bagaimana penyelesaian pembahasan PKB, dan advokasi yang dilakukan dalam pembahasan PKB tersebut. Selain itu yang penting adalah bagaimana usaha yang dilakukan untuk memberdayakan pekerja agar mampu secara mandiri berunding bersama dengan pengusaha dalam pembahasan PKB dan mendapatkan hak-haknya sebagai pekerja dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode yuridis sosiologis, sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan bagaimana proses pembahasan PKB, dan bagaimana advokasi yang dilakukan dalam pembahasan PKB tersebut. Melalui penelitian ini mendapatkan hasil bahwa, PKB merupakan dasar hubungan antara pengusaha dengan pekerja. Advokasi yang dilakukan APSM telah maksimal namun hasilnya ternyata kurang efektif dalam membantu memperjuangkan hak-hak pekerja, hal ini terjadi karena faktor internal sendiri yang kurang mendukung terhadap proses advokasi. Diperlukan evaluasi secara menyeluruh dan perbaikan terhadap strategi yang digunakan dalam melakukan advokasi. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan, bahwa PKB merupakan dasar bagi pengusaha untuk mengeksploitasi pekerja, maka dari itu upaya advokasi dalam proses pembahasan PKB sangat penting karena menyangkut hubungan industrial antara pekerja dan pengusaha yang diatur secara khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:41
Last Modified: 15 Dec 2015 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19921

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo