UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA DEALER DENGAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN (Studi di ASTRA CREDIT COMPANY Cabang Kediri)

DEWI, NILA NURMALA (2005) TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA DEALER DENGAN LEMBAGA PEMBIAYAAN KONSUMEN (Studi di ASTRA CREDIT COMPANY Cabang Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-nilanurmal-3630-1.+PENDA-N.PDF

Download (28kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai kredit kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor tersebut merupakan barang kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi sebagian masyarakat tidak mempunyai cukup dana untuk memperolehnya. Sehingga terbentuklah lembaga pembiayaan konsumen. Yang akhirnya lembaga pembiayaan konsumen tersebut melakukan kerjasama dengan dealer dalam hal pengadaan barang, guna memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Dalam kerjasama tersebut dealer dan lembaga pembiayaan konsumen melalui perjanjian. Perjanjian ini menggunakan perjanjian baku dengan bentuk perjanjian dibawah tangan, sehingga pihak yang membuat atau berada pada posisi kuat seringkali merugikan pihak lainnya yang berada pada posisi lemah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana jenis, bentuk, hak dan kewajiban, serta berakhirnya perjanjian yang dilakukan antara dealer dan lembaga pembiayaan konsumen. Dan bagaimana tinjauan yuridisnya mengenai hal tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif analisis. Sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan bagaimana perjanjian antara dealer dan lembaga pembiayaan konsumen tersebut dilakukan, dan bagaimana tinjauan yuridisnya terhadap jenis, bentuk, hak dan kewajiban, serta berakhirnya perjanjian antara dealer dan lembaga pembiayaan konsumen (ACC). Melalui penelitian yang mendalam dan sangat teliti, penelitian ini mendapat hasil, bahwa jenis perjanjian yang dilakukan antara dealer dan lembaga pembiayaan konsumen adalah merupakan jenis perjanjian tak bernama. Perjanjian ini menggunakan bentuk perjanjian baku yang dibuat dibawah tangan, sedangkan hak dan kewajiban dalam perjanjian tersebut tidak berjalan dengan seimbang dan ketentuan berakhirnya perjanjian tersebut tidak jelas karena ada klausul yang tumpang tindih. Jenis perjanjian antara dealer dan lembaga pembiayaan konsumen termasuk dalam jenis perjanjian tak bernama, karena ciri-ciri dari perjanjian tersebut tidak diatur dalam KUHD dan KUH perdata. Selain itu perjanjian tersebut menggunakan bentuk perjanjian baku yang dibuat dibawah tangan sehingga pihak yang lemah pasti dirugikan keberadaannya. Dan bentuk dari PKSnya juga tidak lazim digunakan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh dealer dan lembaga pembiayaan konsumen (ACC), tersebut banyak sekali ketimpangan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan konsumen yang satu diantaranya melakukan penipuan yang tidak disadari oleh pihak dealer. Selain itu tidak adanya peraturan yang secara tegas dan jelas untuk menindaklanjuti kasus-kasus yang ada dalam perjanjian serupa seperti perjanjian antara ACC dan dealer. Sehingga keadilan secara merata tidak dapat ditegakkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:28
Last Modified: 15 Dec 2015 03:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19916

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo