UMM Institutional Repository

Tinjauan Yuridis Terhadap Penolakan Salesdraft Oleh Penerbit Kartu Kredit Dan Upaya Penyelesaian Hukumnya

Rizal, Muhammad Fikri (2005) Tinjauan Yuridis Terhadap Penolakan Salesdraft Oleh Penerbit Kartu Kredit Dan Upaya Penyelesaian Hukumnya. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan masyarakat makin hari makin kompleks, beberapa waktu yang lalu uang merupakan satu-satunya alat bayar. Seiring dengan berkembang dan meningkatnya kebutuhan masyarakat, uang dirasa titak praktis lagi, oleh karena itu bank sebagai lembaga yang paling berkepentingan berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu dengan mengeluarkan kartu kredit. Kartu kredit sebagai salah satu alat pembayaran yang baru keberadaannya di Indonesia, meskipun masih relative baru akan tetapi sudah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Penerimaan kartu kredit oleh masyarakat kita dikarenakan dengan pertimbangan lebih aman dan lebih praktis, kartu kredit ini pada awalnya hanya dipergunakan oleh anggota masyarakat pada lapisan ekonomi kelas atas saja, kartu kredit pada saat itu menjadi terkesan hanya sebagai salah satu bentuk simbol status saja. Dengan berkembangnya zaman dan dengan semakin banyaknya penerbit kartu kredit menambah semakin banyaknya pemegang kartu kredit. Perubahan tersebut berdampak pada berbagai hal, salah satunya kartu kredit tidak hanya di manfaatkan oleh kalangan tertentu saja tetapi sudah semakin luas dengan pangsa pasar yang semakin luas pula. Di dalam prakteknya, dimasyarakat ternyata tidak semudah dan sesederhana bentuknya, karena di dalam pemakaian kartu kredit ini melibatkan tiga pihak sekaligus, yaitu Card Holder, Merchant dan Issuer. Di dalam penggunaannya kartu kredit ini terlihat adanya keuntungan timbal balik, tetapi hal ini baru bisa terwujud apabila semuanya dapat berjalan lancer tanpa ada suatu masalah. Namun tidak jarang terjadi adanya perselisihan diantara pihak Merchant dengan pihak Issuer yang salah satu penyebabnya adalah timbulnya penolakan pencairan Sales Draft yang diajukan oleh pihak Merchant. Apabila terjadi suatu masalah, maka pihak Merchant akan merasa dirugikan dan pihak Merchant akan merasa sulit untuk menyelesaikan masalah tersebut, dikarenakan Issuer sebelumnya sudah mengantisipasi dalam suatu perjanjian kerjasama, sehingga hal-hal yang sekiranya bisa merugikan atau menyulitkan, maka Issuer sudah mengaturnya sedemikian rupa di dalam suatu perjanjian kerjasama. Bagi Merchant perjanjian kerjasama dalam penggunaan kartu kredit ini, tidak menjadi suatu masalah besar, dikarenakan dari kerjasama yang telah dilakukan dengan Issuer telah mendatangkan keuntungan serta peningkatan jumlah pelanggan pelanggan. Sehingga masalah yang terjadi seperti penolakan Sales Draft tersebut bukan merupakan masalah besar bagi Merchant, dan penolakan itu terjadi apabila pihak Merchant melakukan kesalahan pada saat terjadinya transaksi. Jadi apabila penolakan Sales Draft terjadi sudah merupakan resiko bagi pihak Merchant.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 02:42
Last Modified: 15 Dec 2015 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo