UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS PRAPERADILAN SEBAGAI UPAYA PENEGAKAN HUKUM PIDANA MENURUT KUHAP DI INDONESIA (Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Sidoarjo)

PRAYITNO, BUDI (2005) EFEKTIFITAS PRAPERADILAN SEBAGAI UPAYA PENEGAKAN HUKUM PIDANA MENURUT KUHAP DI INDONESIA (Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek kajian dalam penulisan ini adalah mengenai Efektifitas Praperadilan Sebagai Upaya Penegakan Hukum Pidana Menurut KUHAP di Indonesia, yang penelitiannya dilakukan di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Masyarakat umum banyak yang belum mengetahui terhadap keberadaan Lembaga Praperadilan sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat terhadap kesalahan prosedur yang dilakukan oleh Aparat Penegak Hukum dalam melaksanakan tugasnya. Masyarakat dalam hal ini orang yang di duga melakukan Tindak Pidana dan Korban Tindak Pidana dapat menggunakan Lembaga Praperadilan sebagai upaya terhadap adanya proses Penahanan, Penangkapan, Penyitaan serta Penghentian Penyidikan dan Penghentian Penuntutan yang dilakukan aparat penegak hukum yaitu pihak Kepolisian dan Pihak Kejaksaan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu KUHAP, keberadaan lembaga praperadilan diatur dalam pasal 1 butir ke 10 dan pasal 77 KUHAP s.d pasal 83 KUHAP. Adapun permasalahan yang akan penulis bahas adalah "Efektifitas Lembaga Praperadilan Berlaku Sebagai Kontrol Terhadap Proses Penyidikan Menurut KUHAP" dan "Masyarakat (Korban) Dapat Menggunakan Lembaga Praperadilan sebagai Sarana Kontrol Terhadap Kinerja Aparat penegak Hukum (Polisi dan Jaksa)". Hal ini untuk mengetahui dengan jelas apakah praperadilan selama ini telah efektif berlaku sebagai kontrol terhadap kinerja Aparat Penegak Hukum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektiftas lembaga praperadilan sebagai sarana kontrol terhadap proses Penyidikan dan juga sebagai sarana kontrol terhadap kinerja aparat penegak hukum, hal ini sesuai dengan permasalahan yang penulis angkat. Adapun Metode Penelitian yang Penulis pergunakan dalam penulisan ini adalah Metode Pendekatan Yuridis Sosiologis dengan didasarkan atas peraturan perundangan tentang praperadilan serta dikaitkan dengan teori-teori hukum dan dengan melihat realita yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Melalui penelitian dengan pembahasan secara mendalam atas permasalahan yang diangkat, ternyata dalam prakteknya lembaga praperadilan belum efektif berlaku sebagai sarana kontrol dalam proses Penyidikan serta adanya lembaga praperadilan belum efektif berlaku sebagai sarana kontrol terhadap kinerja Aparat Penegak Hukum. Akhirnya penulis menyarankan bahwa keberadaan lembaga praperadilan harus berlaku efektif sebagai sarana kontrol terhadap kinerja Aparat Penegak Hukum, supaya masyarakat dalam hal ini korban dan pelaku tindak pidana dapat terlindungi hak-haknya, serta agar Aparat Penegak Hukum dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang diatur dalam Undang-undang yaitu KUHAP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 14 Dec 2015 05:26
Last Modified: 14 Dec 2015 05:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19891

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo