UMM Institutional Repository

PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP(Studi Kasus Pencemaran Bendungan Ir. Sutami Desa Karangkates)

NOVIANTI, DIAH (2005) PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP(Studi Kasus Pencemaran Bendungan Ir. Sutami Desa Karangkates). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran terhadap lingkungan tidak hanya bagaimana menciptakan suatu yang indah dan bersih saja, tetapi kewajiban setiap orang untuk menghormati hak-hak orang lain atau kehidupan orang lain. Sering kita jumpai tindakan orang/ sekelompok orang (perusahaan) yang hanya mengejar kepentingannya sendiri tanpa memperhatikan hak orang lain. Dalam kesempatan ini penulis ingin mengemukakan tentang salah satu persoalan yang berkaitan dengan masalah pencemaran lingkungan yaitu bagaimana bentuk dan cara peran serta masyarakat dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi dilingkungan hidup serta upaya hukum apa yang telah ditempuh oleh masyarakat guna mendukung hak dan kewajibannya dalam berperan serta terhadap lingkungan hidup. Di dalam menganalisa permasalahan diatas penulis menggunakan cara pengumpulan bahan hukum dengan mengumpulkan data yang bersumber dari sumber data primer berupa wawancara langsung dengan masyarakat yang terkena dampak pencemaran serta data sekunder berupa bukti-bukti akan terjadinya pencemaran yang ada di bendungan Ir. Sutami. Semua data akan dikaji dan dianalisis berdasarkan teori dan peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang No. 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup. Membahas kedua permasalahan diatas, penulis dapat menyimpulkan peran serta masyarakat meliputi memberi informasi kepada pemerintah, melakukan aksi protes terhadap pemerintah yang merupakan tindak lanjut daripada informasi yang telah disampaikan. Upaya hukum yang telah dilakukan oleh masyarakat yaitu musyawarah dengan pihak yang bersengketa. Dari pembahasan yang diperoleh, penulis menyarankan bahwa masyarakat harus lebih peka akan terjadinya perubahan-perubahan terhadap fungsi lingkungan dan diharapkan kesigapan dalam bertindak sebagaimana hak dan kewajiban dalam berperan serta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 14 Dec 2015 05:11
Last Modified: 14 Dec 2015 05:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19886

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo