UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN HAK CUTI HAMIL (STUDI YURIDIS SOSIOLOGIS DI PT. ONGKOWIDJOJO MALANG)

OKTARINI, DOEANE (2005) PELAKSANAAN HAK CUTI HAMIL (STUDI YURIDIS SOSIOLOGIS DI PT. ONGKOWIDJOJO MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Subyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan hak cuti hamil terhadap pekerja/karyawan perempuan di Perseroan Terbatas Ongkowidjojo Malang. Dimana, cuti hamil ini sangat dibutuhkan oleh setiap pekerja/karyawan perempuan yang akan melahirkan, sehingga jika terjadi pelanggaran-pelanggaran atau pembatasan terhadap diambilnya hak cuti hamil akan menimbulkan akibat gejolak yang besar sekali. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pelaksanaan dan pengambilan hak cuti hamil bagi pekerja/karyawan perempuan, dan mengetahui kendala-kendala beserta penyelesaian permasalahan dalam melaksanaan hak cuti hamil. Yang dalam menghadapi permasalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah meode yuridis sosiologis sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan bagaimana prosedur pengambilan hak cuti hamil yang harus diberikan pada pekerja/karyawan perempuan yang akan melahirkan dan bagaimana penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Dalam menyelesaikan permasalahan atau hambatan-hambatan, perusahaan menemukan kendala-kendala yaitu tidak diaturnya penentuan cuti hamil bagi kelahiran prematur dan kelahiran lebih dari 9 bulan 10 hari dalam peraturan yang berlaku. Sehingga dalam menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan adanya suatu kesepakatan antara kedua belah pihak beserta pihak SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) dan Departemen Ketenagakerjaan, keputusan dalam penyelesaian permasalahan tersebut merupakan kebijaksanaan dari pihak perusahaan dengan pertimbangan-pertimbangan dari berbagai pihak. Secara demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan pelaksanaan dan pengambilan hak cuti hamil yang tidak diatur dalam peraturan-peraturan yang berlaku adalah dengan kesepakatan antara kedua belah pihak dengan disaksikan oleh pihak SPSI (Serikat pekerja Seluruh Indonesia) dan pihak Derpartemen Ketenagakerjaan dan Hasil keputusan tidak merugikan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 10 Dec 2015 06:26
Last Modified: 10 Dec 2015 06:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19881

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo