UMM Institutional Repository

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP DAMPAK PENAYANGAN ACARA KRIMINAL OLEH STASIUN TELEVISI (Studi di Rumah Tahanan Negara Sumenep)

ABRAHAM, TASLIM (2005) TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP DAMPAK PENAYANGAN ACARA KRIMINAL OLEH STASIUN TELEVISI (Studi di Rumah Tahanan Negara Sumenep). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil penelitian membuktikan bahwa seluruh responden sangat suka dengan acara kriminal. Juga menurut responden penayangan acara kriminal dapat menambah wawasan karena acara kriminal sanggup memberikan pengetahuan tentang hukum, pengetahuan tentang perundang-undangan, misalnya : KUHP, KUHAP dan Undang-undang lainnya, serta mengenalkan bahaya narkoba, seks. Hal ini memperkuat salah satu efek media massa, yaitu efek kognitif. Meliputi peningkatan kesadaran, belajar dan tambahan pengetahuan. Penayangan acara kriminal dapat memancing kejahatan, dikarenakan dapat mengetahui cara berbuat kejahatan, dapat mengetahui cara mengelabui aparat, dapat mengetahui cara teraman dalam berbuat kejahatan. Hal ini memperkuat salah satu latar belakang lahirnya kriminalitas adalah dari televisi. Yang salah satu programnya adalah acara kriminal yang menayangkan modus operandi yang dilakukan oleh para penjahat. Juga menurut responden penayangan acara kriminal dapat menambah kewaspadaan, dikarenakan masyarakat tahu modus yang dipakai penjahat dan sebagai dasar pertimbangan dalam melindungi diri dan keluarganya. Hal ini memperkuat teori Uses and Gratifications, dimana acara kriminal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita kriminalitas. Maka masyarakat bisa mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang ditayangkan di acara kriminal. Dengan demikian kewaspadaan akan bertambah. Dari hasil penelitian, penulis memberikan saran atau usulan antara lain : Seharusnya stasiun televisi tidak menayangkan modus operandi yang dilakukan penjahat agar tidak ditiru oleh orang yang memang mempunyai mental yang lemah untuk berbuat jahat. Seharusnya stasiun televisi menambah acara kriminal yang bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat. Seharusnya masyarakat selalu lebih memperhatikan tentang lingkungan sekitar dan keluarganya. Agar lebih dapat mengantisipasi akan hal-hal yang dapat merugikan bahkan merusak keluarga dan lingkungan sekitar mereka. Seharusnya pemerintah melalui Komisi Penyiaran Indonesia untuk lebih proaktif dalam mengawasi acara-acara televisi pada umumnya, acara-acara kriminal pada khususnya yang ternyata dapat menimbulkan dampak negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:50
Last Modified: 10 Dec 2015 04:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo