UMM Institutional Repository

PENEGAKAN PENGGUNAAN SABUK KESELAMATAN (SAFETY BELT) BAGI PENGENDARA KENDARAAN RODA EMPAT (Studi Pelaksanaan Pasal 61 Ayat 2 UU No. 14 Tahun 1992 di Wilayah Hukum Polresta Malang)

Niâamah, Alfi (2005) PENEGAKAN PENGGUNAAN SABUK KESELAMATAN (SAFETY BELT) BAGI PENGENDARA KENDARAAN RODA EMPAT (Studi Pelaksanaan Pasal 61 Ayat 2 UU No. 14 Tahun 1992 di Wilayah Hukum Polresta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melalui penelitian yang mendalam, didapatkan hasil bahwa penegakan penggunaan sabuk keselamatan di kota Malang masih kurang baik. Ini dapat terlihat dari kurangnya keseriusan Satlantas dalam melakukan penegakan. Dari jumlah pelanggaran dari Januari-November 2004 sebanyak 6440 kasus, tidak jelas berapa kasus pelanggaran yang di kenai pidana denda maupun pidana kurungan, dikarenakan banyaknya kasus pelanggaran yang diselesaikan dengan jalan damai. Selain itu pada dua bulan yang terus mengalami peningkatan pelanggaran. Upaya yang telah dilakukan Satlantas dalam penegakan adalah upaya preventif dan represif. Upaya preventif dengan sosialisasi yang dilakukan melalui spanduk himbauan penggunaan sabuk keselamatan dijalan-jalan stategis dan perbatasan atau pintu keluar kota Malang, melalui media elektronik yaitu siaran radio dua kali dalam satu hari di RRI, Melalui media cetak bekerja sama dengan operator seluler dan Malang Pos melalui undian berhadiah (klik), dan melaui stiker. Hambatan yang dihadapi Satlantas adalah dari faktor intern yaitu terbatasnya jumlah personil Satlantas yang hanya 119, kualitas personil Satlantas karena baru 25% personil Satlantas yang lulus PT, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Serta faktor ekstern, yaitu kurangnya kerjasama dengan Instansi terkait. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penegakan penggunaan sabuk keselamatan di Kota Malang masih kurang, karena belum dapat berjalan maksimal yang banyak dipengaruhi dari faktor aparat penegak hukum yang kurang maksimal, serta banyaknya penegak hukum yang melakukan pungutan liar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:47
Last Modified: 10 Dec 2015 04:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19867

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo