UMM Institutional Repository

KLAIM (KEBERATAN) KONSUMEN TERHADAP TAGIHAN PULSA DAN UPAYA PENYELESAIANNYA (Studi di PT. Telkom Kandatel Madiun)

Listyaningrum, Tri Wahyu (2005) KLAIM (KEBERATAN) KONSUMEN TERHADAP TAGIHAN PULSA DAN UPAYA PENYELESAIANNYA (Studi di PT. Telkom Kandatel Madiun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelanggan disini adalah perorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi berdasarkan Kontrak Berlanggan Sambungan Telekomunikasi. Bentuk kontrak antara PT. Telkom dengan pelanggan dapat digolongkan dalam Kontrak Baku atau Standard Contract, yaitu suatu kontrak yang bentuk dan isinya telah ditentukan oleh salah satu pihak dan pihak lain hanya menyejutui apa yang telah ditentukan oleh pihak pertama tadi. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : (a) Untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen Telkom di Madiun. (b) Untuk mengetahui bagaimana upaya hukum yang dilakukan oleh PT. Telkom terhadap adanya klaim pulsa yang diajukan oleh konsumen. Penulis dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara sebagai berikut : Dalam pengumpulan data ini menggunakan metode yang telah ditentukan, yaitu : (a) Wawancara, yaitu melakukan wawancara secara langsung dengan nara sumber/pihak yang berkompeten langsung guna mendapatkan informasi yang diperlukan. (b) Studi dokumentasi yaitu mengadakan penelitian secara langsung dengan cara mencatat terhadap data yang tersedia di PT. Telkom Madiun. Dalam penulisan dan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan menggambarkan atau memaparkan secara jelas kondisi atau kenyataan lapangan yang selanjutnya disimpulkan dalam suatu uraian, dengan menghubungkan data yang diperoleh dengan teori dan peraturan yang ada sehingga nantinya akan diperoleh suatu kesimpulan. Sebagai hasil dari penelitian ini adalah bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan adalah bahwa sampai saat ini konsumen masih berada pada posisi yang lemah, perlindungan konsumen telah dimuat dalam UUPK no 8 pasal 4 tahun 1999. Dalam menyelesaikan permasalahan klaim pulsa yang terjadi antara PT. Telkom dengan pelanggan. PT. Telkom memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan upaya hukum melalui lembaga peradilan. Upaya hukum melalui lembaga peradilan ini ditempuh jika antar PT. Telkom dengan pelanggan tidak terdapat kesepakatan atas hasil-hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh PT. Telkom maupun Upaya penyelesaian secara musyawarah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:34
Last Modified: 10 Dec 2015 04:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo