UMM Institutional Repository

BERALIHNYA TUGAS WALI NASAB KE WALI HAKIM DALAM PERKAWINAN (Studi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukun Kota Malang)

SYAMSUDDIN, M. FAHMY (2005) BERALIHNYA TUGAS WALI NASAB KE WALI HAKIM DALAM PERKAWINAN (Studi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukun Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metodologi yang penulis pergunakan dalam mengerjakan tugas akhir ini yaitu studi lapangan dan studi pustaka. Dalam pengumpulan data di lapangan, penulis menggunakan metode interview serta dokumentasi. Untuk studi pustaka penulis mengumpulkan data-data dari berbagai referensi pustaka yang relevan dengan dengan permasalahan. Dalam sumber data penulis menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil yang diperoleh dari obyek penelitian kemudian oleh penulis dianalisa secara deskriptif analisis. Adapun hasil analisa/ pembahasan secara umum dapat digambarkan sebagai berikut; 1) Tugas wali nasab beralih kepada wali hakim, disebabkan oleh: Tidak adanya wali nasab, wali berada di tempat yang jauh dan sulit untuk dihubungi, walinya non muslim serta wali nasabnya adhal. 2) Prosedur yang harus dipenuhi, yakni harus ada pernyataan dari yang bersangkutan di kertas bersegel dan disahkan oleh kepala desa setempat yang disertai alasannya, hal ini untuk menghindari pemalsuan identitas. 3) Apabila wali nasabnya adhal, maka nikah dari calon mempelai itu boleh dilangsungkan dengan wali hakim, setelah diadakan pemeriksaan kepada yang bersangkutan. Dari penulisan ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa peranan wali hakim dalam suatu perkawinan tidak hanya berperan menikahkan calon pengantin wanita yang tidak ada wali nasabnya, tetapi juga berperan untuk membantu pihak wanita yang mendapat kendala dalam melangsungkan pernikahan yang disebabkan walinya tidak dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:24
Last Modified: 10 Dec 2015 04:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo