UMM Institutional Repository

PENGANIAYAAN (KEKERASAN) OLEH SUAMI TERHADAP ISTRI (KAJIAN TERHADAP BENTUK-BENTUK / TIPOLOGI PENGANIAYAAN SUAMI TERHADAP ISTRI DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA DI KABUPATEN SUMENEP)

Budiyono, Budiyono (2004) PENGANIAYAAN (KEKERASAN) OLEH SUAMI TERHADAP ISTRI (KAJIAN TERHADAP BENTUK-BENTUK / TIPOLOGI PENGANIAYAAN SUAMI TERHADAP ISTRI DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA DI KABUPATEN SUMENEP). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah mengenai KAJIAN TERHADAP BENTUK-BENTUK / TIPOLOGI PENGANIAYAAN SUAMI TERHADAP ISTRI DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA DI KABUPATEN SUMENEP, dimana terbukti bahwa di lokasi penelitian seringkali terjadi walau sedikit yang muncul ke persidangan. Kekerasan suami terhadap istri baik secara sosiologis maupun yuridis merupakan suatu kejahatan atau tindak pidana, yaitu tindak pidana penganiayaan sebagaimana diatur dalam pasal 356 KUHP. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui tipologi / jenis kejahatan kekerasan suami terhadap istri, dan faktor-faktor apakah yang menyebabkannya Metode yang dipakai dalam penelitian ini metode deskriptif analisis ini hasil penelitian lapangan yang berupa pembahasan terhadap data dengan cara menggambarkan data yang diperoleh dari penelitian dikaitkan dengan kajian teoritis dan yuridis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk / tipologi tindak pidana penganiayaan (kekerasan) oleh suami terhadap istri di kabupaten Sumenep pada Januari-Desember 2003 adalah berupa : (a). Tindak pidana penganiayaan (kekerasan) fisik sebanyak 3 kasus (50%); (b). Tindak pidana penganiayaan (kekerasan) psikis sebanyak 1 kasus (16,5%); (c). Tindak pidana penganiayaan (kekerasan) seksual sebanyak 1 kasus (16,5%); dan (d). Tindak pidana penganiayaan (kekerasan) ekonomi sebanyak 1 kasus (16,5%). Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindak pidana penganiayaan (kekerasan) oleh suami terhadap istri di kabupaten Sumenep antara lain adalah: Pertama, Faktor Internal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari diri individu pelaku, seperti : (1). Keyakinan mental suami pada kepercayaan / mitos bahwa ‘laki-laki adalah pemimpin atas wanita’ , yang berimplikasi pula bahwa ‘istri adalah hak suami’ sehingga sedikit-sedikit cemburu; (2). Tidak mampu mengendalikan Libido seks yang tinggi, sehingga sewaktu-waktu menuntut si istri secara paksa harus melakukan hubungan seksual, padahal secara fisik maupun psikis sis istri tidak mampu melayani. Kedua, Faktor eksternal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar individu pelaku, seperti : (1). Keadaan/tingkat ekonomi yang rendah, akibat pengangguran disertai kegemaran berjudi atau sabung ayam, sehingga terlilit hutang; (2). Lingkungan (budaya) patrilineal yang sudah mengakar kuat pada suku Madura terutama di kabupaten Sumenep, sehingga berdampak pada persepsi dan mitos bahwa suami (laki-laki) berhak segala-galanya atas istri (wanita).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 10 Dec 2015 03:28
Last Modified: 10 Dec 2015 03:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19838

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo