UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PERS TERHADAP KERUGIAN YANG TIMBUL AKIBAT PEMBERITAAN YANG DIMUAT (Studi di Kantor Penerbitan Pers Malang Post dan Radar Malang )

Istiqlal, Nikmah Nur (2004) TANGGUNG JAWAB PERS TERHADAP KERUGIAN YANG TIMBUL AKIBAT PEMBERITAAN YANG DIMUAT (Studi di Kantor Penerbitan Pers Malang Post dan Radar Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah tanggung jawab dari penerbitan pers, yaitu media cetak sebagai suatu bentuk kewajiban yang harus dipenuhi terhadap pemberitaan yang merugikan bagi sumber maupun subyek berita. Sekarang ini pemberitaan media cetak cenderung meninggalkan prinsip cover both sides (peliputan secara berimbang). Dengan adanya kebebasan pers yang ditunjukkan dengan adanya Undang-undang pers baru, yaitu UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers. Tujuan dari penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran mengenai tanggung jawab dari pers khususnya kantor penerbitan pers Malang Post dan Radar Malang selama ini, ketika terjadi pemberitaan yang merugikan dan sampai kepada penuntutan terhadap pihak media cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data primer yang diperoleh dengan cara wawancara terhadap populasi/sampel, dan data sekunder dengan studi dokumentasi, yang diperoleh dari kedua penerbitan pers dan studi kepustakaan mengambil data bahan literatur-literatur dan perundang-undangan. Data-data tersebut dianalisis sehingga dapat menjawab permasalahan mengenai tanggung jawab pers terhadap kerugian yang timbul akibat pemberitaan yang dimuat. Penelitian ini mendapatkan hasil, bahwa tanggung jawab selama ini dilakukan baik melalui tanggung jawab secara intern, yaitu dengan struktur organisasi dalam kelembagaan bagian keredaksian dari mulai dari wartawan sampai ke pemimpin redaksi dan tanggung jawab secara ekstern, yaitu tanggung jawab kepada masyarakat dan hukum yang ditangani oleh pemimpin redaksi sesuai dengan struktur organisasi yang tertinggi dalam bidang keredaksian. Tanggung jawab secara ekstern dilakukan melalui jalur jurnalistik, yaitu melalui Undang-undang pers dan luar jalur jurnalistik, yaitu pengadilan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab tersebut sangat diperlukan apalagi untuk pemberitaan yang menyangkut nama baik orang lain. Dalam setiap pemberitaan memegang prinsip cover both sides (peliputan berimbang), namun dalam kenyataannya hal tersebut belum telaksana dengan sempurna dan tanggung jawab tersebut tidak sepenuhnya kesalahan dari pemimpin redaksi, karena pemimpin redaksi sebagai penanggung jawab tertinggi dalam bidang keredaksian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:39
Last Modified: 07 Dec 2015 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo