UMM Institutional Repository

KEBEBASAN BERPENDAPAT BAGI PENYIAR RADIO (Studi di RRI Malang)

Setiamandani, Emei Dwinanarhati (2004) KEBEBASAN BERPENDAPAT BAGI PENYIAR RADIO (Studi di RRI Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai penerapan dari penyiar radio dalam menyampaikan kebebasan berpendapat pada waktu melakukan tugas penyiarannya. Di mana kebebasan berpendapat merupakan salah satu tiang untuk bisa mempertahankan negara Indonesia sebagai negara hukum yang harus menghormati Hak Azasi Manusia (HAM) yaitu salah satunya hak untuk mengeluarkan pendapat. Berbagai literatur, maupun penelitian sebelumnya telah menggambarkan bagaimana seorang penyiar yang sebenarnya mempunyai hak untuk menyampaikan kebebasan berpendapat,. Seorang penyiar radio jangan sampai dianggap hanya sebagai pembaca berita saja, tetapi juga harus aktif dalam menyampaikan opini mereka. Salah satu tujuan dari penyiaran adalah adanya pendidikan, jadi pendidikan diarahkan selain kepada masyarakat tetapi juga harus pendidikan yang mengarah kepada penyiar radio sendiri. Tujuan penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran bagaimana penerapan kebebasan berpendapat oleh penyiar radio pada saat melakukan tugas penyiarannya. Selain itu yang paling penting adalah bagaimana usaha-usaha yang dilakukan bagi penyiar radio agar dalam melakukan tugas penyiarannya mendapatkan kembali haknya untuk mengeluarkan kebebasan berpendapat. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah deskriptif analisis. Sehingga data yang diperoleh adalah data yang didasarkan pada hasil studi lapangan yang kemudian dipadukan dengan hasil studi kepustakaan mengenai kebebasan berpendapat yang seharusnya dapat diterapkan bagi penyiar radio, dan bagaimana usaha-usaha yang dilakukan agar penyiar radio memperoleh kembali hak untuk mengeluarkan kebebasan berpendapat. Melalui penelitian ini mendapatkan hasil, bahwa kebebasan mengeluarkan pendapat bagi penyiar radio RRI Malang ternyata tidak ada, karena dari factor internal sendiri tidak memberi kesempatan kepada penyiar radio untuk diperbolehkan mengeluarkan opini mereka, meskipun sebenarnya sudah ada aturan yang mengatur mengenai hak dari penyiar tersebut. Dampak yang terjadi dari adanya pembatasan mengeluarkan pendapat tersebut adalah turunnya motivasi kerja bagi penyiar RRI Malang, karena hanya dianggap sebagai pembaca berita saja. Dari adanya usaha yang dilakukan untuk memulihkan kondisi penyiar radio tersebut sudah dilakukan oleh Ikatan Praktisi sebagai pihak ketiga, meskipun dari pihak structural RRI Malang sendiri hanya 50% menanggapi permasalahan yang terjadi. Jadi hak dari penyiar radio untuk menyampaikan pendapatnya belum terlaksana secara maksimal. Dengan demikian, maka dapat dapat disimpulkan, bahwa sangat penting sekali seorang penyiar radio diberikan haknya untuk mengeluarkan pendapatnya, tentu saja yang tidak merugikan pihak manapun. Namun, hak itu ternyata tidak berjalan karena dipengaruhi pihak internal RRI Malang sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:37
Last Modified: 07 Dec 2015 04:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19824

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo