UMM Institutional Repository

PERUSAKAN HUTAN DILERENG GUNUNG PANDERMAN DITINJAU DARI UU No 23 Th 1997 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS DI KAWASAN LERENG GUNUNG PANDERMAN)

Lutfi, Muhammad (2004) PERUSAKAN HUTAN DILERENG GUNUNG PANDERMAN DITINJAU DARI UU No 23 Th 1997 TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS DI KAWASAN LERENG GUNUNG PANDERMAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kerusakan hutan pada suatu lereng gunung dengan ditinjau dari UU No. 41 Th 1999 Tentang Kehutanan. Dimana perusakan hutan tersebut diakibatkan oleh berbagai macam faktor penyebab dan menimbulkan suatu dampak yang akan dirasakan manusia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perusakan hutan yanga terjadi di kawasan lereng gunung panderman ditinjau dari UU No. 41 1999 dan bagaimana tindakan pemerintah terhadap perusak hutan tersebut. Sedangkan mengenai tujuan yang ingin dicapai dari penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui sejauh mana perusakan hutan di lereng gunung panderman dan ingin mengetahui tindakan pemerintah terhadap para perusak hutan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus pada suatu lereng gunung panderman. Pengumpulan data pada penelitian ini didapat dari sumber data melalui sumber data primer dan sumber data skunder. Dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara interview dan dokumentasi yang didapat dari pihak-pihak responden yang menguasai focus penelitian dan terjun langsung ke lokasi penelitian. Sumber data diperoleh dari informan yang terdiri dari pegawai pemerintah Kota Batu Dinas Kehutanan dan Lingkungan. Selain itu, sumber dikutip dari sumber lain seperti masyarakat sekitar lokasi penelitian, buku literatur yang berkaitan dengan pembahasan ini. Dari hasil penelitian dapat diketahui adanya bentuk-bentuk penyebab kerusakan hutan. Antara lain pembakaran hutan dan penebangan hutan yang akhirnya mereka jadikan sebagai ladang pertanian. Ini disebabkan kurangnya kepedulian masyarakat dalam pelestarian lingkungan dan minimnya pengetahuan masyarakat akan adanya hukum yang mengatur tentang kehutanan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemerintah mengambil suatu tindakan-tindakan yang diberikan kepada masyarakat seperti tindakan preventif dan tindakan represif. Karena dampak dari kerusakan hutan akan dirasakan oleh masyarakat luas dan akan mengakibatkan bencana alam yang menimbulkan korban harta dan jiwa. Selain itu juga pemerintah memberikan sanksi-sanksi kepada masyarakat yang telah melakukan perusakan hutan. Pada akhir penulisan skripsi ini akan ditarik kesimpulan yang merangkum tentang faktor-faktor dan bentuk-bentuk yang mengakibatkan terjadinya perusakan hutan dan juga tindakan-tindakan yang diambil pemerintah dalam menghadapi para perusak hutan. Ada juga beberapa saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan khususnya bagi para pihak dari pemerintah daerah untuk lebih tegas dalam menindak para oknum yang merusak hutan demi kepentingan pribadi. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka hendaknya pula pemerintah beserta masyarakat mengadakan rehabilitasi hutan untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana alam lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:35
Last Modified: 07 Dec 2015 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19823

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo