UMM Institutional Repository

SUATU TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS TERHADAP PEMALSUAN MEREK TERKENAL (Studi di Kawasan Home Industri Tanggulangin Sidoarjo)

Dausat, M. Yangki (2004) SUATU TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS TERHADAP PEMALSUAN MEREK TERKENAL (Studi di Kawasan Home Industri Tanggulangin Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meluasnya arus globalisasi dibidang sosial ekonomi budaya maupun bidang-bidang kehidupan lainnya telah membawa dampak perubahan dan kemajuan yang begitu pesat dalam dunia perdagangan. Dalam sektor perdagangan dimana setiap negara bebas memasarkan produknya dinegara lain, membuat terjadinya persaingan yang semakin ketat dalam pemasaran produk-produk perusahaan. Indonesia dikenal sebagai surga bagi pemalsuan merek, terutama pada merek-merek terkenal, selama ini banyak merek-merek terkenal diluar negri didaftarkan oleh orang Indonesia. Semakin ketatnya persaingan yang ada dalam dunia perdagangan membuat banyak pihak melakukan kecurangan terhadap merek terkenal dan telah merugikan banyak pihak yaitu konsumen dan pemilik merek terkenal. Terjadinya pemalsuan merek di Indonesia pada umumnya banyak dilakukan oleh para pengrajin Home Industri seperti peniruan terhadap merek-merek terkenal. Selain itu, pengrajin Home Industri tersebut juga dapat dikenai tindakan hukum dengan tuduhan melakukan pemalsuan merek terhadap merek terkenal dan dapat dituntut karena melanggar Undang-Undang No 15 tahun 2001 tentang Merek. Dalam kesempatan ini penulis ingin mengemukakan tentang apa yang melatarbelakangi banyaknya pemalsuan merek terkenal di kawasan Home Industi Tanggulangin Sidoarjo, serta Bagaimana upaya Pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap pengrajin Home Industri Tanggulangin Sidoarjo. Untuk melakukan analisis terhadap tersebut diatas, penulis menggunakan metode Yuridis Sosiologis, sehingga data data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan di kawasan Home Industri Tanggulangin Sidoarjo. Kawasan Home Industri Tanggulangin Sidoarjo adalah suatu daerah tempat para pengrajin yang membuat produk-produk yang merupakan industri rumah tangga yang sifat produksinya sangat luas. Dalam mendukung kelancaran operasional atas produk-produknya para pengrajin Home Industri bermotifasi mendapat keuntungan yang sangat besar dengan cara meniru atau memalsukan merek-merek yang sudah terkenal dikalangan masyarakat. Bahwa yang menjadi dasar permasalahan yang melatarbelakangi atas pemalsuan merek terkenal yaitu para pengrajin tidak kontinue dalam berproduksi, dalam hal ini sangat ditentukan terutama pemilikan modal dari masing-masing pengrajin yang relatif kecil serta produk-produk merek sendiri telah mendapat kesulitan terutama dalam pemasaran. Upaya Pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap pengrajin Home Industri dalam hal ini meliputi kegiatan Sub Usaha Industri dan kegiatan Sub Bimbingan Produksi terutama dalam rangka memasyarakatkan pendaftaran merek dikalangan pengrajin Home Industri Tanggulangin Sidoarjo serta memberikan penyuluhan tentang H.A.K.I.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:28
Last Modified: 07 Dec 2015 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo