UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HAK CIPTA IKLAN DI RADIO(Studi di PT. Wijang Songko FM Kediri)

WIDYASTUTI, EKA (2005) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HAK CIPTA IKLAN DI RADIO(Studi di PT. Wijang Songko FM Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Objek studi dalam penelitian ini adalah Perlindungan Hak Cipta Iklan Diradio. Mengingat kemajuan teknologi yang menyebabkan munculnya kesulitan dalam menentukan siapa yang menjadi pemegang hak cipta dalam pembuatan dan pemesanan iklan dan Perlindungan hukum pihak radio sebagai media yang menyiarkan iklan sekaligus yang mempunyai hak cipta terhadap iklan yang di buatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siapakah yang disebut sebagai pemegang hak cipta dalam pembuatan dan penyiaran iklan dan bagaimana perlindungan hukum pihak radio sebagai media yang menyiarkan iklan sekaligus yang mempunyai hak cipta terhadap iklan. Upaya-upaya apa saja selama ini yang telah dilakukan oleh pihak Radio. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang selama ini telah menjadi kendala bagi pihak Radio di dalam mendapatkan haknya sebagai pemegang hak cipta. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode penelitian Yuridis Normatif. Sehingga data yang diperoleh adalah data mengenai iklan yang dibuat dan disiarkan oleh pihak Radio serta faktor-faktor apa saja yang selama ini menjadi kendala bagi pihak Radio di dalam mendapatkan haknya sebagai pemegang hak cipta. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, Maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Radio adalah lembaga penyiaran yang haknya diatur neighbouring rights. Dan pihak radio yang memegang Neighbouring rights masih perlu diatur lebih lanjut tidak hanya dengan UU No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta, Tetapi juga dalam UU No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran. Tidak dapatnya terungkap secara jelas pelanggaran hak cipta iklan di radio ini, juga disebabkan oleh beberapa faktor, yakni perjanjian order pemesanan iklan yang disetujui tidak menyebutkan bahwa pihak radio adalah pemegang hak cipta atas karya siaran iklan yang dibuatnya. Sehingga pemesan iklan dapat dengan mudah menyiarkan iklan tersebut di media elektromegnetik lainnya. Dan pihak radio tidak melakukan pendaftaran atas karya ciptaannya sehingga meskipun hak moral sebagai pencipta tetap melekat pada penciptanya namun dengan pendaftaran lebih mudah dilakukan penyelidikan apabila terjadi pelanggaran. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa, sampai dengan saat ini upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak Radio Wijang songko FM Kediri dalam mendapatkan haknya sebagai pemegang hak cipta masih sangat minim. Hal ini dipengaruhi oleh masih kurangnya sosialisasi tentang perlindungan hak cipta, yang juga dipengaruhi oleh tidak melakukan pendaftaran karya siaran iklan sesuai dengan UU Hak Cipta No. 19 tahun 2002.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 06:25
Last Modified: 04 Dec 2015 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19788

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo