UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS MENGENAI ENYELESAIANTINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DAN PENCURIAN DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH OKNUM APARAT KEPOLISIAN TERHADAP WARGA MASYARAKAT (Studi Di Polresta Malang)

KURNIAWAN, HERU INDRA (2005) TINJAUAN YURIDIS KRIMINOLOGIS MENGENAI ENYELESAIANTINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DAN PENCURIAN DENGAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH OKNUM APARAT KEPOLISIAN TERHADAP WARGA MASYARAKAT (Studi Di Polresta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Polisi adalah merupakan salah satu alat perlengkapan negara yang berfungsi untuk memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat serta berupaya untuk memberikan pelayanan dan perlindungan hukum kepada masyarakat. Sebagai alat pemelihara keamanan dan ketertiban, polisi dituntut untuk dapat memberantas tindak kriminalitas yang terjadi di masyarakat khususnya tindak pidana kekerasan. Melihat dari realita yang ada akhir-akhir ini justru beberapa oknum aparat kepolisian terbukti telah melakukan tindak pidana kekerasan dan hal tersebut menyebabkan jatuhnya korban dari pihak masyarakat yang seharusnya menjadi obyek perlindungan hukum oleh pihak kepolisian. Dengan adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut mengakibatkan kepercayaan masyarakat kepada polisi sebagai penegak hukum menjadi berkurang sehingga masyarakat mudah memberikan pandangan yang negatif terhadap sosok polisi sebagai aparat penegak hukum. Dalam kesempatan ini penulis menyajikan penjelasan yang mengupas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan oknum polisi melakukan tindakan kekerasan, proses pelaksanaan pertanggungjawaban secara hukum bagi oknum polisi yang melakukan tindakan kekerasan, dan upaya polisi untuk mencegah dan memberantas oknum polisi yang melakukan tindak kekerasan terahdap warga masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang faktor penyebab terjadinya tindak kekerasan oleh oknum polisi, pelaksanaan proses hukum oknum polisi yang melakukan tindak kekerasan serta upaya penanggulangannya. Adapun metode pengumpulan data yang dipakai dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan metode wawancara dan observasi langsung ke kepolisian Resort Kota (Polresta) Malang. Dari hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis bahwa faktor-faktor yang mendorong oknum polisi melakukan tindak kekerasan adalah karena depresi pada saat menjalankan tugas di lapangan, adanya rasa cemburu kepada istrinya, karena mabuk sebab terlalu banyak meminum-minuman beralkohol dan faktor sakit hati karena adanya penghinaan dari orang lain. Proses pelaksanaan pertanggungjawaban secara hukum oknum polisi yang melakukan tindak kekerasan didasarkan pada ketentuan undang-undang nomor 31 Tahun 1997 tentang peradilan militer dan kitab undang-undang hukum pidana. Di dalam proses penyidikan pihak penyidik berasal dari satuan unit provos dan reserse kepolisian serta atasan yang berhak menghukum (ANKUM). Sedangkan upaya yang diambil oleh Polri untuk mencegah dan memberantas oknum polisi yang bertindak kekerasan dilakukan dengan mengadakan program pembinaan rohani, penerapan sanksi disiplin sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 1 dan 2 Tahun 2003 dan pelaksanaan operasi khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 05:15
Last Modified: 04 Dec 2015 05:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo