UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN AKIBAT TINDAK PIDANA KORPORASI

SULISTYAS, RIAD INDRA (2005) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN AKIBAT TINDAK PIDANA KORPORASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Korporasi merupakan sebutan yang lazim digunakan pakar hukum pidana untuk menyebutkan apa yang lazim dalam hukum perdata sebagai badan hukum. Dengan semakin menguatnya peranan korporasi di berbagai sektor digambarkan ibarat "gurita" yang merambah ke segala arah tanpa kendali. Mereka dapat berbuat sesukanya tanpa mengindahkan etika, bahkan memanfaatkan berbagai instrumen hukum untuk kepentingannya. Perbuatan korporasi ini dapat dikategorikan sebagai suatu tindak pidana karena dengan perbuatannya bukan saja telah merugikan kepentingan yang bersifat privat saja tetapi di sini kepentingan publik telah dilanggar bahkan negara juga telah dirugikan. Permasalahan inilah yang Penulis kaji secara mendalam, kaitannya dengan upaya perlindungan konsumen yaitu mengenai perlindungan konsumen dari tindak pidana korporasi dalam hukum positif Indonesia beserta pertanggungjawaban korporasi dan juga upaya-upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen yang telah dirugikan akibat tindak pidana korporasi ini. Berangkat dari hal tersebut, Penulis berharap bahwa dari hasil penulisan tugas akhir ini dapat dipergunakan untuk memberikan sumbangan pemikiran terhadap masalah-masalah tindak pidana korporasi yang berkaitan dengan upaya perlindungan konsumen dalam khasanah Ilmu Pengetahuan Hukum pada lingkungan akademis. Dan diharapkan pula konsumen akan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi produk-produk dan mempertahankan hak-haknya sesuai dengan peraturan perundang-undanagn yang berlaku. Adapun dalam penulisan tugas akhir ini, Penulis menggunakan metode penulisan Legal Opini yaitu Penulis berusaha untuk menggambarkan, membuat, menjelaskan dan mengungkapkan pendapat pribadi Penulis tentang keadaan yang dapat mengungkapkan kebenaran dari penulisan ini dengan merujuk pada sumber bahan hukum yang berupa perundang-undangan, buku-buku, karya tulis ilmiah dan lain-laian. Beberapa hal yang dapat Penulis gambarkan dari hasil analisa tugas akhir ini adalah sebagai berikut : Bahwa sebenarnya upaya perlindungan konsumen sudah terakomodasi dalam hukum positif Indonesia diantaranya dalam Kitab undang-undang Hukum Pidna (KUHPidana) yaitu pada Pasal 202, 203, 204, 205, 263, 264, 266, 382 bis, 383, dan Pasal 388. Namun KUHPidana ini tidak mengatur tentang korporasi sebagai subyek hukum yang dapat melakukan tindak pidana dan juga pertanggungjawabannya. Sesuai dengan penjelasan Pasal 59 KUHPidana menyebutkan bahwa sebuah tindak pidana hanya dapat dilakukan oleh manusia sehingga fiksi tentang badan hukum sebagai subyek hukum yang dapat melakukan tindak pidana tidak berlaku dalam hukum pidana. Namun dari peraturan perundang-undangan yang bersifat sektoral atau yang berada di luar KUHPidana telah menunjukkan upaya perlindungan konsumen dari tindak pidana korporasi dengan diakomodasikannkanya klausula mengenai pertanggungjawaban suatu badan hukum yang telah melakukan suatu tindak pidana walaupun belum jelas diidentifikasikan dan dispesifikasikan secara jelas perbuatan mana dan apa yang dapat dimintakan pertanggungjawabannya kepada korporasi. Peraturan yang bersifat sektoral itu antara lain : UU No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen UU No.7 Drt 1955 tentang Pengusutan,Penuntutan dan Peradilan Tindak Pidana Ekonomi UU No.7/1996 tentang Pangan, UU No.23/1992 tentang Kesehatan, PP No.102/2000 tentang Standar Nasional Indonesia, Kep.Menteri Agama RI No.518/2001 tentang Pedoman dan Tata Cara Pemeriksaan dan Penetapan Pangan Halal. Dan selain itu dapat dilihat dari Rancangan KUHPidana Nasional 1999/2000. Dan mengenai pertanggungjawaban korporasi menurut peraturan perundang-undangan di luar KUHP seperti yang telah Penulis sebutkan di atas dan juga dalam RKUHPidana Nasional 1999/2000 maka kemungkinan pertanggungjawaban adalah pada korporasi itu sendiri, pada pengurusnya dan atau pada keduanya. Sedangkan pidana yang tepat dikenakan pada korporasi adalah pidana denda. Upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen yang dirugikan akibat tindak pidana korporasi adalah melaporkan melalui Badan pangawas Obat dan Makanan (BPOM), melalui jalur Peradilan, melalui Lembaga Konsumen (YLK), melalui swadaya mandiri, dan terakhir melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Dengan demikian, hasil analisa tugas akhir ini menunjukkan bahwa peraturan perundang-undangan yang bersifat sektoral telah memberikan perlindungan hukum bagi konsumen dari tindak pidana korporasi dengan telah diakomodasikannya mengenai korporasi dan pertanggungjawabannya tetapi dalam KUHPidana belum diatur mengenai pertanggungjawaban korporasi sebagai subyek hukum yang dapat melakukan tindak pidana. Begitu juga dalam RKUHP Nasional 1999/2000 telah diakomodasikan mengenai korporasi dan pertanggungjawabannya walaupun sampai saat ini belum disyahkan menjadi hukum positif Indonesia. Dan menurut Penulis bukanlah suatu hal yang berlebihan untuk segera disyahkannya RKUHPidana Nasional 1999/2000 menjadi hukum positif Indonesia mengingat perkembangan korporasi yang semakin memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Selain itu perlu juga diupayakan peningkatan semangat konsumen untuk memperjuangkan hak-haknya dengan pendidikan konsumen melalui media komunikasi baik cetak maupun elektronik yang dirasa lebih efektif sehingga terjadi keimbangan kehidupan antara pelaku usaha dengan konsumen dalam rangka upaya penegakan hukum di Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 05:14
Last Modified: 04 Dec 2015 05:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo