UMM Institutional Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN/ MINUMAN YANG MENGANDUNG BAHAN TAMBAHAN PANGAN (BTP)(Studi di Dinas Kesehatan Malang dan Yayasan Lembaga Konsumen Malang)

WIDYOWATI, HENNY YULI (2005) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN/ MINUMAN YANG MENGANDUNG BAHAN TAMBAHAN PANGAN (BTP)(Studi di Dinas Kesehatan Malang dan Yayasan Lembaga Konsumen Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah Perlindungan Konsumen bukan hal yang baru, akan tetapi sampai saat ini merupakan suatu masalah karena konsumen di Indonesia belum mendapatkan hak-haknya sebagai mana mestinya. Dalam masalah konsumen sudah diatur dalam UU Perlindungan Konsumen dimana undang- undang perlindungan konsumen menjamin adanya perlindungan hukum konsumen yang mengalami kerugian akibat kesalahan/kelalaian produsen. Dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis dan literatur yang didapatkan sebelumnya telah menggambarkan bagaimana perlindungan konsumen menurut UU Perlindungan Konsumen dan upaya Yayasan Lembaga Konsumen Malang terhadap konsumen yang terkena dampak negatif makanan/minuman kemasan yang menggunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP). BTP itu sendiri tampak tak terlihat namun bila penggunaannya berlebihan dapat mengakibatkan rasa sakit bahkan kematian dimana sudah ditetapkan oleh Permenkes No. 722/ Menkes/ Per/ IX/ 1988. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang BTP, ketentuan BTP yang diperbolehkan dan dilarang, dampak dari BTP apa saja, peraturan apa saja yang digunakan untuk dijadikan sebagai standarisasi suatu produk makanan/ minuman , bagaimana perlindungan konsumen dalam mempertahankan dan mendapatkan hak-haknya, cara-cara apa saja yang ditempuh oleh konsumen dan yang penting bagaimana upaya yang dilakukan YLKM sebagai LSM yang bergerak di bidang konsumen dalam membantu konsumen yang terkena dampak negatif akibat mengkonsumsi makanan/minuman kemasan yang mengandung BTP. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa konsumen yang terkena dampak negatif akibat mengkonsumsi makanan/minuman kemasan yang mengandung BTP merupakan tanggung jawab produsen karena dalam produknya produsen kurang memperhatikan peraturan/perundangan yang distandarkan oleh pemerintah. Peraturan tersebut tidak menganjurkan setiap produk makanan/minuman menggunakan BTP, kalaupun diperbolehkan tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan guna mencegah terjadinya penderitaan berupa sakit atau kematian bagi konsumen. Produsen dalam hal ini hanya untuk mencari keuntungan tanpa menghiraukan kepentingan hak konsumen. Konsumen dapat mengadukan ke YLKM untuk mempertanggung jawabkan tindakan produsen yang menyebabkan konsumen menderita kerugian, agar YLKM dapat mengajukan gugatan baik melalui peradilan atau di luar pengadilan dimana dalam UU Perlindungan Konsumen sudah mengaturnya. Pelaku usaha wajib mempertanggung jawabkan kesalahannya pada konsumen dengan cara mengganti semua kerugian yang ditimbulkannya yaitu berupa biaya perawatan bila sakit atau sanksi pidana bila konsumen meninggal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 05:11
Last Modified: 04 Dec 2015 05:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19747

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo