UMM Institutional Repository

PELANGGARAN TERHADAP BENDA CAGAR BUDAYA (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN NGAWI)

Fernanto, Hery Budi (2005) PELANGGARAN TERHADAP BENDA CAGAR BUDAYA (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN NGAWI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusuhan suporter identik dengan hooliganisme, hooliganisme berasal dari Inggris tetapi berkembang dan digunakan untuk menyebut tentang kerusuhan supporter sepakbola. Banyak terjadi kerusuhan supporter di Indonesia, terutama membahas kerusuhan suporter antara Aremania dengan Deltamania, yang mengakibatkan banyak kerugian baik harta benda, bahkan nyawa. Dimana perilaku brutal dari sebagian supporter merupakan tindakan criminal yang bertentangan dengan KUHP terutama pasal 170. Dengan menggunakan pendekatan yuridis kriminologis, penelitian ini diharapkan dapat mengungkap tentang kerusuhan baik dari segi penyebab kerusuhan, bentuk-bentuk tindak pidana dan upaya pihak kepolisian dalam menangani kerusuhan supporter antara Deltamania dengan Aremania. Melalui penelitian mendalam tentang hooliganisme antara Aremania dengan Deltamania didapatkan hasil tentang berbagai bentuk tindak pidana antara lain perkelahian atau penganiayaan, pengrusakan, kejahatan mendatangkan bahaya bagi keamanan umum, berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran angket. Beberapa faktor melatarbelakangi terjadinya kerusuhan supporter antara Aremania dengan Deltamania antara lain kurang patuh pada aturan yang berlaku, panitia pelaksana pertandingan kurang professional, wasit kurang adil, hooliganisme tidak terlepas dari sikap mental, kefanatikan tinggi, kurang bias menerima kekalahan, dan gejala kesenjangan social. Upaya pihak terkait dengan melakukan koordinasi dari berbagai pihak terutama PSSI, pihak kepolisian, suporter yang telah melakukan kejahatan. Kerusuhan antara Aremania dengan Deltamania pada Ligina VII tahun 2001, belum mendapatkan penanganan optimal dari pihak kepolisian, upaya penyelesaian dilakukan dengan melakukan koordinasi antara panitia pelaksana pertandingan, pihak kepolisian, utusan Deltamania, utusan Aremania untuk meluruskan masalah dan saling memaafkan atas kerusuhan tersebut, agar tidak menimbulkan rasa dendam dan mencegah terjadinya kerusuhan kembali antara Deltamania dengan Aremania. Penerapan sistem baru dalam pengamanan pertandingan sepak bola yang digunakan Kepolisian Polresta Sidoarjo pada Ligina IX, mampu mencegah dan menanggulangi terhadap kerusuhan suporter, berdasarkan pada hasil evaluasi pengamanan pertandingan sepakbola dapat berjalan sukses.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 05:03
Last Modified: 04 Dec 2015 05:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo