UMM Institutional Repository

REDISTRIBUSI TANAH BEKAS PERKEBUNAN YANG DIKUASAI PENDUDUK (Studi di Bekas Perkebunan Bulurejo I dan II Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

SUGIHARJITO, GANESH (2005) REDISTRIBUSI TANAH BEKAS PERKEBUNAN YANG DIKUASAI PENDUDUK (Studi di Bekas Perkebunan Bulurejo I dan II Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan redistribusi tanah bekas perkebunan yang dikuasai penduduk. Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk dan kegiatan pembangunan, maka kebutuhan tanah juga semakin meningkat. Untuk itu sering terjadi konflik kepentingan mengenai pemilikan, penguasaan dan pengunaan tanah seperti yang terjadi di wilayah Kabupaten kediri. Terlantarnya tanah perkebunan bekas Hak Erfpacht, yaitu perkebunan Bulurejo I dan II sejak tahun 1959, membuat penduduk sekitar perkebunan menduduki tanah perkebunan tersebut untuk dikelola menjadi lahan pertanian dan kemudian para penduduk menuntut dilaksanakannya redistribusi atau pembagian tanah perkebunan menjadi hak milik penduduk. Penelitian ini dilakukan di Bekas Perkebunan Bulurejo I dan II Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri yang tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan dasar pertimbangan yang digunakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri dalam meredistribusi tanah bekas perkebunan yang dikuasai penduduk, pelaksanaan kriteria yang harus dipenuhi bagi calon penerima Hak Atas Tanah dalam proses redistribusi tanah bekas perkebunan yang dikuasai penduduk serta yang paling penting adalah untuk mengetahui pelaksanaan redistribusi tanah bekas perkebunan yang dikuasai penduduk yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis dengan teknik pengolahan data diskriptif kualitatif, sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan bagaimana implementasi redistribusi tanah perkebunan yang dikuasai penduduk yang selanjutnya disimpukan dalam suatu uraian dengan menghubungkan data dengan teori sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Melalui penelitian yang mendalam dan sangat teliti, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pada kenyataannya masih ada sebagian petani yang tidak memenuhi apa yang disyaratkan dalam Peraturan Perundang-undangan, sehingga terhadap kasus yang demikian adalah ditunda pembagian tanahnya bahkan ada sebagian tanah yang dimilikinya jatuh kepada Negara. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pelanggaran terhadap Peraturan Perundang-undangan di dalam proses redistribusi tanah pada khususnya masih saja terjadi, hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang didapat oleh calon penerima redistribusi tanah dari berbagai instansi yang terkait dalam masalah ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:59
Last Modified: 04 Dec 2015 04:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo