UMM Institutional Repository

TAKTIK DAN STRATEGI POLRI DALAM MENGUNGKAP KASUS PEMBUNUHAN ANGGOTA DPRD (Studi di Polres Madiun)

Purwanto, Slamet (2005) TAKTIK DAN STRATEGI POLRI DALAM MENGUNGKAP KASUS PEMBUNUHAN ANGGOTA DPRD (Studi di Polres Madiun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus studi dalam penelitian ini adalah mengenai Taktik dan Strategi Polri dalam Mnegungkap Kasus Pembunuhan Anggota DPRD. Dimana kasus pembunuhan ini melibatkan salah satu anggota DPRD Nganjuk yang telah direncanakan sebelumnya. Artinya pembunuhan tersebut dapat dikenakan pada Pasal 340 mengenai pembunuhan yang telah direncanakan. Berbagai kasus pembunuhan yang motifnya politik banyak yang belum terungkap seperti, Udin, Marsinah dan masih banyak yang lainnya. Namun berkat disiplin tinggi dan kerjasama yang baik antara masing-masing anggota polisi akhirnya kasus pembunuhan tersebut dapat terungkap. Permasalahan yang akan diteliti adalah strategi yang digunakan polisi dalam mengungkap kasus pembunuhan tersebut serta kendala yang dihadapinya. Dan dengan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh kepolisian seluruh Indonesia dalam setiap penanganan tindak pidana pembunuhan, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui taktik dan strategi yang digunakan oleh polisi dalam menangkap para pelaku pembunuhan terhadap Drs. Adam Malik sehingga kepada mereka dapat dijerat ke meja hijau. Serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi polisi dalam mengungkap kasus pembunuhan tersebut. Dalam melakukan penelitian diperlukan suatu adanya metode sebagai sarana pembantu bagi kegiatan penelitian. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode pendekatan yuridis empiris, dimana pendekatan masalah yang diteliti dengan sifat hokum yang nyata atau sesuai dengan kenyataan yang hidup dalam masyarakat. Dari data di lapangan diketahui tentang berlakunya aturan-aturan hukum sosiologis yaitu pembahasan berdasarkan ketentuan yang ada dalam KUHAP serta didasarkan pada taktik dan strategi polisi dalam menemukan para pelaku kejahatan. Melalui penelitian yang mendalam maka penelitian ini mendapatkan hasil bahwa, taktik dan strategi polisi dalam menangkap para pelaku pembunuhan Drs. Adam Malik adalah ,Pembentukan satu Tim khusus, penyelidikan dan penyidikan secara terus menerus, pemeriksaan terhadap saksi-saksi, memanfaatkan jasa informan, pendekatan secara persuasif kepada keluarga korban, penggalangan dari masyarakat, koordinasi dengan instansi terkait, minta dukungan spiritual. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi polisi dalam menemukan para tersangka adalah, pembunuhan Drs.Adam Malik telah direncanakan, wilayah korban berasal dari luar wilayah Madiun, masyarakat enggan memberikan informasi, keterbatasan Sumber Daya Manusia, kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 03:40
Last Modified: 04 Dec 2015 03:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19737

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo