UMM Institutional Repository

Penyidikan Terhadap Pegawai Negeri Sipil yang Disangka Melakukan Kejahatan Jabatan(Studi di Polresta Malang)

Wahyuni, Sri (2005) Penyidikan Terhadap Pegawai Negeri Sipil yang Disangka Melakukan Kejahatan Jabatan(Studi di Polresta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pegawai Negeri Sipil yang diduga melakukan kejahatan yang berhubungan dengan jabatan dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam proses penyidikan kejahatan yang berhubungan dengan jabatan yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil. Permasalahan inilah yang hendak penulis kaji secara mendalam agar dapat dicari jalan penyelesaian dan solusinya agar penyelesaian dapat berjalan dengan cepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan membahas ketentuan undang-undang yang dikaitkan dengan teori hukum serta realita dan fakta yang terjadi dalam masyarakat. Jenis data yang dipergunakan data primer yang diperoleh langsung dari sumber permasalahan dan data sekunder yang didapat dari literatur. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dengan penyidik kepolisian dan dokumen. Analisa data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggambarkan fakta yang didapat di lapangan kemudian dianalisis dan disusun secara sistematis. Adapun tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui dan mengkaji prosedur penyidikan kejahatan yang berhubungan dengan jabatan yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil beserta megetahui dan mengatasi hambatan-hambatannya. Adapun hasil penelitian yang penulis temukan secara umum dapat digambarkan sebagai berikut : kejahatan jabatan ini dalam proses penyidikan berawal dari informasi yang didapat baik dari masyarakat maupun dari media.dari informasi ini kemudian melakukan penyidikan,sebelum diadakannya penyidikan terlabih dahulu diadakan pemberitahuan terhadap instansi dimana tersangka bekerja, selanjutnya diadakan pemanggilan dan pemeriksaan saksi/tersangka yang selanjutnya dilakukan tindakan penangkapan dan penahanan terhadap tersangka yang ditingkatkan pada proses penggeledahan dan penyitaan.dari proses tersebut kesemuanya dicatat dalam BAP yang disusun setelah penyidikan dikira sudah cukup.Dari proses penyidikan yang dilakukan terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya: sulitnya penyidik untuk mendapatkan kesaksian yang bersifat obyektif, minimnya SDM dan prasarana yang ada dan tidak adanya kerjasama yang baik antara penyidik dengan penuntut umum Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meskipun proses penyidikan terhadap kejahatan jabatan telah dijalankan sesuai aturan yang ada namun pada kenyataannya masih belum berjalan dengan afektif.Hal ini dipengaruhi adanya tindakan penyidik yang tidak profesional dalam menjalankannya penyidikan, kurangnya sarana tempat penyimpanan barang sitaan dan juga dikarenakan tidak adanya kerja sama yang baik antara pihak penyidik dengan pihak penuntut umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 03:38
Last Modified: 04 Dec 2015 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19736

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo