UMM Institutional Repository

PENYEMPURNAAN BERKAS PERKARA DALAM PRAPENUNTUTAN, KENDALA DAN UPAYA MENGATASINYA(Studi di Polresta Malang Dan Kejaksaan Negeri Malang)

NASRULLAH, MUKHAMMAD (2005) PENYEMPURNAAN BERKAS PERKARA DALAM PRAPENUNTUTAN, KENDALA DAN UPAYA MENGATASINYA(Studi di Polresta Malang Dan Kejaksaan Negeri Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang di-sempurnakan dari berkas perkara selama prapenuntutan, apa hambatan-hambatan yang terjadi dalam penyempurnaan berkas perkara selama pra-penuntutan dan apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan penyempurnaan berkas perkara selama prapenuntutan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Adapun analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Lokasi penelitian yang diambil yaitu di polresta Malang dan Kejaksaan Negeri Kota Malang, dengan dasar pertimbangan bahwa lokasi tersebut merupakan tempat terdapatnya data-data baik primer maupun sekunder mengenai penyempurnaan berkas perkara dalam prapenuntutan kendala dan upaya mengatasinya. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penyempurnaan berkas perkara dalam prapenuntutan yaitu meliputi kelengkapan syarat formil dan syarat materiil dari berkas perkara, dan sepanjang berkas perkara kurang memenuhi unsur kelengkapan tersebut maka Penuntut Umum akan mengembali-kan berkas perkara tersebut kepada Penyidik untuk dilakukan penyempurnaan. Dari keseluruhan uraian sebagaimana tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa hambatan-hambatan yang terjadi dalam penyempurnaan berkas perkara selama prapenuntutan adalah sulitnya pihak Penyidik untuk dapat menafsirkan dan memenuhi petunjuk-petunjuk Penuntut umum, adanya sudut pandang antara Penyidik dan penuntut Umum di dalam menganalisa berkas perkara, kurangnya koordinasi antara Penyidik dan Penuntut Umum sewaktu penyempurnaan berkas perkara, Seringnya penyidik tidak memenuhi petunjuk-petunjuk yang di-rekomendasikan oleh Penuntut Umum, yang seharusnya Penyidik sudah dapat menyerahkan kembali berkas perkaranya tapi tidak kunjung diserahkan. Dari hambatan-hambatan yang terjadi dilakukan berbagai upaya untuk mengatasinya yaitu melakukan upaya-upaya tindakan kepolisian, keaktifan pengkoordinasian dalam penyempurnaan berkas perkara, mengirimkan surat susulan kepada Penyidik dengan menggunakan surat atau formulir model P-20 untuk mengingatkan atau meminta perhatian agar Penyidik segera men-yelesaikan dan menyerahkan berkas perkaranya kepada Penuntut Umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 04 Dec 2015 03:36
Last Modified: 04 Dec 2015 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo