UMM Institutional Repository

ANALISIS KORELASI TINGKAT DEPRESI DENGAN INSOMNIA PADA LANSIA DI IRNA III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KANJURUHAN KEPANJEN

KHUSNAH, RIRIN RHOSIATUL (2008) ANALISIS KORELASI TINGKAT DEPRESI DENGAN INSOMNIA PADA LANSIA DI IRNA III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KANJURUHAN KEPANJEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Depresi merupakan penyakit urutan pertama pada lanjut usia dan salah satu aspek utama dari peningkatan kesehatan untuk lanjut usia (lansia) adalah pemeliharaan tidur. Lanjut usia (lansia) dengan depresi sering melaporkan bahwa kualitas tidurnya buruk dan durasi tidurnya kurang bila dibandingkan dengan lanjut usia (lansia) yang sehat dan gangguan tidur ini dapat meningkatkan biaya penyakit secara keseluruhan. Dari studi pendahuluan di IRNA III 50% lansia mengatakan sulit tidur dan hal ini diakibatkan lansia mengalami perasaan sedih, bersalah dan tidak berguna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan tingakt depresi dengan kejadian insomnia. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan variabel independent tingkat depresi dan variabel dependent kejadian insomnia. Adapun populasinya berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Simple Random sampling didapatkan 40 responden. Metode pengumpulan data dengan Kuisioner tentang Tingkat Depresi dari Beck Depression Inventory (BDI) dan kuisioner tentang insomnia dari Kaplan & Sadock. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52.5% responden berada dalam tingkat depresi sedang, 60% responden mengalai insomnia dan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dengan kejadian insomnia dimana r hitung lebih besar daripada r tabel (0,614 > 0,312). Upaya dalam mengatasi penurunan kesehatan dan gangguan pada lanjut usia tersebut di perlukan tindakan yang tepat seperti masalah depresi dapat dilakukan tindakan yaitu dengan membantu klien memahami dan menyatakan perasaan positif dan negatif yang menyangkut dirinya, orang lain, dan apa yang terjadi. Bagi perawat senantiasa untuk selalu mengevaluasi keluhan tidur karena hal ini dapat menandakan adanya depresi yang dialami lanjut usia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:03
Last Modified: 17 Nov 2015 03:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo