UMM Institutional Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESA SEGARAN, GEDANGAN - MALANG

SRIWAYATI, SRIWAYATI (2008) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESA SEGARAN, GEDANGAN - MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak-anak penderita gizi kurang umumnya memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan hal ini menjadikan dirinya rawan terhadap infeksi yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan sang ibu terhadap bayinya, khususnya dalam masalah pemenuhan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang status gizi balita di Desa Segaran, Gedangan- Malang. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari hasil kuisioner dan data hasil penimbangan anak dari kartu KMS. Setelah itu, data dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi distribusi, dan dianalisa dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 38% ibu yang mempunyai anak yang balita di Desa Segaran Gedangan lebih banyak yang mempunyai tingkat pengetahuan yang baik tentang gizi balita, dimana 70% balita mempunyai status gizi yang baik karena hasil penimbangan berat badan balita pada KMS berada di atas garis putus-putus atau warna hijau. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji ANOVA (p=0.000) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna (p<0.05) pada persentase hasil jawaban kuisioner tingkat pengetahuan ibu tentang gizi balita yang diukur berdasarkan status gizi balita. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah semakin baik tingkat pengetahuan ibu tentang gizi balita, maka status gizi balitanya juga akan cenderung semakin baik. Saran bagi ibu yang mempunyai anak balita hendaknya dapat menerapkan pengetahuan tentang pemberian asupan gizi seimbang bagi balitanya. Bagi tenaga kesehatan (Perawat, Bidan, Dokter) di Puskesmas Gedangan hendaknya meningkatkan pengetahuan masyarakat termasuk tentang pemberian asupan gizi seimbang bagi balitanya melalui penyuluhan, ceramah, seminar dan sebagainya sebagai pemecahan masalah dalam menangani status gizi balita. Sedangkan bagi penelitian berikutnya perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan variabel lain yang diduga juga dapat mempengaruhi status gizi balita, misalnya pengalaman ibu, informasi dari berbagai media cetak dan elektronik, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Nov 2015 02:40
Last Modified: 17 Nov 2015 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo