UMM Institutional Repository

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEKANISME TRANSISI IPV4 KE IPV6 DENGAN MENGGUNAKAN AUTOMATIC TUNNELING

Rusdianto, Darmo (2011) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MEKANISME TRANSISI IPV4 KE IPV6 DENGAN MENGGUNAKAN AUTOMATIC TUNNELING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan semakin pesatnya perkembangan internet, alokasi alamat IPv4 yang saat ini mendekati ambang batas alokasi alamatnya, Sebagai salah satu langkah untuk mengatasi hal tersebut maka dikembangkanlah IPv6, ruang alamat IPv6 ini menggunakan sistem pengalamatan 128 bits yang berarti mampu mengalokasikan alamat IP lebih banyak dibandingkan IPv4 yang 32 bits. Perubahan dari IPv4 ke IPv6 dalam waktu yang singkat adalah hal yang mustahil, karena ukuran jaringan Internet yang besar. Solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan menggunakan mekanisme transis idimana IPv4 dan IPv6 berjalan bersamaan. Mekanisme transisi Automatic Tunneling merupakan salah satu cara agar IPv4 dan IPv6 dapat berjalan bersamaan, untuk pengalamatan IPv6 menggunakan ISATAP yang dimana ISATAP merupakan teknologi transisi IPv6 yang memberikan konektivitas unicast dalam sebuah lingkungan IPv4. Melalui penelitian ini kinerja Automatik Tunneling dapat diketahui dan dapat memberikan gambaran umum mengenai mekanisme transisi untuk pengembangan dimasa mendatang. Dari hasil pengamatan dan analisa waktu atau kecepatan menggunakan ping dan transfer paket data menunjukkan bahwa mekanisme Automatik Tunneling menggunakan pengalamatan ISATAP memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan performansi jaringanIPv4 ini disebabkan adanya proses enkapsulasi, dekapsulasi pada server automatic tunneling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 11 Nov 2015 03:59
Last Modified: 11 Nov 2015 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19133

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo