UMM Institutional Repository

PERAMALAN PERMINTAAN BAHAN BAKU PADA KUD DAU MALANG

FAHLIFI, RIZAL (2011) PERAMALAN PERMINTAAN BAHAN BAKU PADA KUD DAU MALANG. Other thesis, universitas of muhammadiyah malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peramalan (forecasting) merupakan alat bantu yang penting dalam perencanaan yang efektif dan efisien khususnya dalam bidang ekonomi. Peramalan mempunyai peranan langsung pada peristiwa eksternal yang pada umumnya berada di luar kendali manajemen. Kondisi tersebut menjadikan peramalan penting untuk dilakukan oleh perusahaan dalam penetapan perencanaan aktivitas operasional perusahaan yang akan dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara penerapan peramalan permintaan bahan baku yang tepat pada KUD DAU Malang. Kegunaan penelitian khususnya bagi perusahaan yaitu hasil penelitian ini diharapkan bisa dibuat sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan mengenai peranan metode peramalan untuk penentuan pembelian bahan baku di perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode semi rata-rata (semi average method), metode kuadrat terkecil (least square method) dan trend kuadratis (quadratic trend method). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode least square method merupakan metode peramalan yang paling mendekai realisasi sehinga paling tepat untuk digunakan peramalan permintaan bahan baku pada KUD DAU. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan pihak menggunakan metode trend linier dalam menentukan anggaran pembelian bahan baku yang akan dilakukan, hal tersebut dengan pertimbangan bahwa metode tersebut paling mendekati atas realiasi pembelian bahan baku yang terjadi. Dalam penyusunan anggaran jumlah penjualan diharapkan perusahaan melakukan koordinasi dengan bagian yang lain dalam perusahaan, misalnya bagian pemasaran dengan harapan target yang telah ditetapkan dapat tercapai secara maksimal. Diharapkan pihak manajemen selalu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam pencapaian target yang telah dutetapkan sesuai dengan peramalan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Fitri Ramandhany
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:45
Last Modified: 10 Nov 2015 03:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo