UMM Institutional Repository

PENGARUH ASYMMETRIC INFORMATION, INVESMENT OPPORTUNITY, PROFITABILITY, DIVIDEND TERHADAP KEBIJAKAN LEVERAGE PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN

Assegaf, Abdillah (2011) PENGARUH ASYMMETRIC INFORMATION, INVESMENT OPPORTUNITY, PROFITABILITY, DIVIDEND TERHADAP KEBIJAKAN LEVERAGE PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pecking Order Theory adalah sebuah teori yang menekankan manajer memilih untuk menggunakan laba ditahan untuk mendanai perusahaan daripada hutang dan alternatif terakhir adalah penerbitan saham baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asymmetric information, investment opportunity, profitability dan dividend terhadap leverage perusahaan. Dari hasil pengujian analisis linear berganda diperoleh persamaan liniear berganda : Y= -5,427 + 0,486 X1 - 0,894 X2 - 0,337X3 - 0,087 X4 X1 = asymmetric information, X2 = profitabilty, X3 = investment opportunity dan X4 = dividend. Dari hasil uji F diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Hasil itu berarti menunjukkan bahwa variabel asymmetric information, investment opportunity, profitability dan dividend berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap leverage perusahaan. Sedangkan dari hasil uji t diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000 untuk X1 (asymmetric information), untuk X2 (profitability) nilai signifikansinya sebesar 0,096 sedangkan nilai siginifikansinya untuk X3(invesment opportunity) dan X4 (dividend) sebesar 0,240 dan 0,392. Hasil itu berarti bahwa hanya asymmetric information yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap leverage perusahaan. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder menggunakan rasio-rasio keuangan perusahaan yang dilaporkan berturut-turut selama periode penelitian yaitu pada tahun 2006-2009. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedasitisitas. Koefisien determinasi (R2) sebesar 78,6% . Berarti dari hasil penelitian ini variable leverage dipengruhi oleh asymmetric information, profitability, investment opportunity, dan dividend sebesar sedangkan sisanya sebesar 21,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Fitri Ramandhany
Date Deposited: 09 Nov 2015 04:15
Last Modified: 09 Nov 2015 04:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo