UMM Institutional Repository

MOTIVASI IBU MEMILIH IRNA BRAWIJAYA RSUD KANJURUHAN KEPANJEN SEBAGAI TEMPAT PERTOLONGAN PERSALINAN

SETYANINGRUM, DYAH WAHYU (2008) MOTIVASI IBU MEMILIH IRNA BRAWIJAYA RSUD KANJURUHAN KEPANJEN SEBAGAI TEMPAT PERTOLONGAN PERSALINAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persalinan yang berlangsung aman dan selamat merupakan sumbangsih yang terbesar bagi peningkatan produktifitas sumber daya manusia di masa depan. Ibu hamil pasti ingin memilih pertolongan persalinan yang baik dengan datang ke Rumah Sakit yang telah dipercaya. Motivasi ibu memilih persalinan di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu motivasi internal (dalam diri) dan motivasi eksternal (luar). RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang memiliki ruang persalinan dan sampai saat ini belum pernah dilakukan penelitian tentang Motivasi Ibu Memilih Irna Brawijaya RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang sebagai Tempat Pertolonga Persalinan, sehingga peneliti ingin meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran yang mempengaruhi Motivasi Ibu Memilih Irna Brawijaya RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang Sebagai Tempat Pertolongan Persalinan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2008 di Irna Brawijaya RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Desain penelitian yang digunakan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah ibu yang melakukan pertolongan persalinan normal dan persalinan operasi di Irna Brawijaya RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang, dengan tehnik total sampel sebanyak 71 responden. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosentase. Hasil penelitian Motivasi Internal Ibu Memilih Irna Brawijaya RSUD Kanjuruan Kepanjen Sebagai Tempat Pertolongan Persalinan didapatkan hasil sebanyak 69 (53%) faktor kebutuhan dan sebanyak 62 (47%) faktor pengetahuan. Motivasi Eksternal Ibu Memilih Irna Brawijaya RSUD Kanjuruhan Kepanjen Sebagai Tempat Pertolongan Persalinan didapatkan hasil sebanyak 66 (37,3%) faktor fasilitas, sebanyak 60 (33,9%) faktor sosial ekonomi dan sebanyak 51 (28,8%) faktor situasi dan kondisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 03 Nov 2015 06:19
Last Modified: 03 Nov 2015 06:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo