UMM Institutional Repository

PERUBAHAN AKTIFITAS SEKSUAL PADA LANSIA DI RW 01 DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG

A R W O T O, A R W O T O (2008) PERUBAHAN AKTIFITAS SEKSUAL PADA LANSIA DI RW 01 DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penurunan fungsi dan potensi seksual pada lanjut usia sering kali berhubungan dengan berbagai gangguan fisik seperti gangguan jantung, gangguan metabolisme, maupun faktor psikologis. Namun sebenarnya lansia masih dapat berfungsi seksual secara efektif sampai usia delapan puluhan jika mereka mengerti perubahan fisiologis yang terjadi dalam proses penuaan dan tidak membiarkan perubahan tersebut mengancam mereka. Permasalahan tersebut jika tidak mendapatkan perhatian atau penanganan yang memadai bisa menimbulkan penyimpangan perilaku seksual pada lansia, karena secara lahiriah mereka tetap membutuhkan penyaluran hasrat seksual. Studi pendahuluan terhadap 10 orang menunjukkan bahwa 70% responden mengakui jika mereka tetap memiliki hasrat seksual, tetapi hanya 3 orang (2 laki-laki, 1 perempuan) yang tetap aktif melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui perubahan aktifitas seksual pada lansia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan populasi seluruh di RW 03 Desa Panggungrejo Kepanjen Kabupaten Malang. Jumlah sampel adalah 56 orang diambil secara quota sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan pada bulan Juli 2008. Data dianalisa secara deskriptif dengan rumus prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi fisik, 87,1% responden perempuan merasa alat genital sudah tidak lentur, 92% responden laki-laki merasakan kekuatan alat genital (penis) menurun. Pada aspek psikologis, 58,9% responden merasa bosan untuk melakukan hubungan seksual. Sedangkan jenis dan penyesuaian aktivitas seksual lansia menunjukkan bahwa 58,9% responden berusaha mengalihkan aktifitas seksualnya pada aspek kedekatan dengan pasangan, pertemanan, komunikasi intim, dan hubungan fisik mencari kesenangan, dan 55,4% responden masih aktif melakukan hubungan seksual. Hasil penelitian ini dapat terjadi karena faktor fisik seperti sering sakit-sakitan, nyeri sendi, atau kencing manis, akan berdampak pada aspek psikologis berupa rasa cemas, tidak bersemangat, sulit konsentrasi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 03 Nov 2015 06:14
Last Modified: 03 Nov 2015 06:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo