UMM Institutional Repository

PENGETAHUAN LANSIATENTANG UPAYA MEMPERTAHANKAN KESEHATAN DI DESA KESAMBEN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG

SOLEH, MOCHAMAD (2008) PENGETAHUAN LANSIATENTANG UPAYA MEMPERTAHANKAN KESEHATAN DI DESA KESAMBEN KECAMATAN NGAJUM KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangnya secara berlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri/mengganti diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tidak dapat tertahan dengan jelas. Semakin bertambahnya usia maka seseorang akan menjadi tua dan akan banyak mengalami perubahan pada dirinya. Berdasarkan dari itu maka dilakukan penelitian tantang " Pengetahuan Lansia Tentang Upaya Mempertahankan Kesehatan di Desa Kesamben Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang " Adapun Tujuan ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan Lansia tentang upaya mempertahankan kesehatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan derajat Kesehatan. Desain dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan Non Experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang tinggal di Desa Kesamben RW 01 Kecamatan Ngajum Kabupten Malang yang berjumlah 73 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini hanya satu varibel adalah Pengetahuan Lansia Tentang Upaya Mempertahankan Kesehatan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juli sampai 26 juli 2008 di Desa Kesamben RW 01 Kecamatan ngajum Kabupaten Malang. Dari penelitian ini di dapatkan hasil bahwa 13 responden ( 17,8% ) Berpengetahuan baik, 52 responden ( 71,2% ) Berpengetahuan cukup, 8 responden ( 11,0% ) Berpengetahuan kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar lansia yang ada di Desa Kesamben RW 01 Kecamatan Ngajum Mempunyai pengetahuan cukup baik terhadap upaya mempertahankan kesehatan Mengingat pentingnya pengetahuan mengenai upaya mempertahankan kesehatan, dirasa perlu bagi para lansia untuk meningkatkan pengetahuannya. Dengan demikian para lansia akan lebih bijaksana dalam menentukan sikap dalam upaya meningkatkan derajat kesehatannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 03 Nov 2015 03:47
Last Modified: 03 Nov 2015 03:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo