UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI STATUS KESEHATAN PEKERJAWANITA DI PABRIK ROKOK (Studi : pada pekerja wanita bagian pengelintingan di pabrik rokok PT Banyu Biru Malang dan pabrik rokok Gudang Baru Kepanjen).

ZALIAH, SITI (2008) IDENTIFIKASI STATUS KESEHATAN PEKERJAWANITA DI PABRIK ROKOK (Studi : pada pekerja wanita bagian pengelintingan di pabrik rokok PT Banyu Biru Malang dan pabrik rokok Gudang Baru Kepanjen). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri akibat globalisasi mengalami persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Pihak perusahaan dituntut untuk bisa menerapkan suatu pengelolaan manajemen perusahaan dengan baik dan benar. salah satu bentuk pengelolaan manajemen perusahaan yang baik ialah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja yang memperhatikan semua faktor produksi seperti tenaga kerja atau karyawan, bahan baku, bahan penolong, mesin dan metode. Sebagai penghasil pendapatan negara terbesar, industri rokok menyerap hampir 100.000 pekerja dan 80% diantaranya adalah wanita. Sementara rokok memberi dampak negatif bagi kesehatan kaum wanita itu sendiri. Dalam memproduksi rokok, tembakau merupakan bahan yang tidak dapat ditinggalkan dan terdapat zat yang berbahaya bagi tubuh. Tujuannya dari penelitian ini ialah mengetahui status kesehatan pekerja wanita di pabrik rokok Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dan populasi penelitiannya adalah pekerja wanita di pabrik rokok di bagian pengelintingan dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang dari pabrik rokok PT Banyu Biru Malang dan 54 orang dari pabrik rokok Gudang Baru Kepanjen dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik kuisioner. Dari hasil analisa diketahui bahwa status kesehatan yang lalu para pekerja wanita di pabrik rokok PT Banyu Biru Malang didapati 38% responden dengan riwayat kesehatan tidak baik, sedangkan pekerja wanita di pabrik rokok Gudang Baru Kepanjen didapati 16% responden mempunyai riwayat kesehatan yang tidak baik. Status kesehatan pekerja di pabrik rokok PT Banyu Biru Malang sekarang sebanyak 57% responden dalam keadaan tidak baik. Sedangkan pada pabrik rokok Gudang Baru Kepanjen 48% responden dalam keadaan tidak baik. di pabrik rokok PT Banyu Biru Malang, Kejadian kecelakan kerja sebanyak 18%, sedangkan di pabrik rokok Gudang Baru kepanjen 24% responden tersebut pernah mengalami kecelakan pada waktu bekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:20
Last Modified: 31 Oct 2015 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo