UMM Institutional Repository

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN POLA MENSTRUASI PADA MAHASISWI PROGRAM D III KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

PRISTIWI, NOER IKE (2008) HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN POLA MENSTRUASI PADA MAHASISWI PROGRAM D III KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak penelitian yang telah menunjukkan suatu hubungan antara stress dan fungsi menstruasi abnormal. Salah satu stress disini yaitu stress nutrisional, adanya status gizi yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan pada pola menstruasi. Status gizi dapat diukur dari apa yang kita makan sehari-hari, status gizi dikatakan baik apabila pola makan seimbang, artinya banyak dan jenis makanan yang dimakan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Pola makan tersebut terbagi dalam tiga periode yaitu, sarapan, makan siang, dan malam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola makan dengan pola menstruasi pada mahasiswi Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasi dengan populasi mahasiswi Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang, dengan jumlah sampel 20 mahasiswi. Sedangkan analisa data menggunakan skoring yang ditetapkan sesuai standart berdasarkan kuesioner. Dari hasil analisa data dan interpretasi data yang dilakukan pada variabel pola makan dengan siklus menstruasi didapatkan 5% mengalami siklus menstruasi < 5 hari dan tidak normal; 90% mengalami siklus menstruasi 5-7 hari (5% dengan pola makan normal dan 85% dengan pola makan tidak normal); dan 5% mengalami siklus menstruasi > 7 hari dengan pola makan yang tidak normal. Dari hasil analisa data pada variabel pola makan dengan periode menstruasi didapatkan 10% mengalami periode menstruasi < 5 hari (5% dengan pola makan normal dan 5% dengan pola makan tidak normal); 50% mengalami periode menstruasi 5-7 hari (5% dengann pola makan normal dan 45% dengan pola makan tidak normal); 40% mengalami periode menstruasi > 7 hari dan tidak normal. Dan dari hasil analisa data pada variabel pola makan dengan banyak perdarahan menstruasi didapatkan 35% mengalami perdarahan banyak dengan pola makan yang tidak normal; 60% mengalami perdarahan sedang (10% dengan pola makan normal dan 50% tidak normal); dan 5% mengalami perdarahan sedang dengan pola makan yang tidak teratur. Diharapkan dari hasil penelitian ini, mahasiswi Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang bisa menerapkan pola makan yang teratur dengan gizi yang seimbang, sehingga nantinya kesehatan reproduksi khususnya pola menstruasi mahasiswi Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:17
Last Modified: 31 Oct 2015 04:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo