UMM Institutional Repository

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN RIWAYAT PAUD KELOMPOK BERMAIN DAN TANPA RIWAYAT PAUD KELOMPOK BERMAIN (Studi Kasus di SDN Purwantoro 1 Malang)

FRIDISARI, NINA (2008) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN RIWAYAT PAUD KELOMPOK BERMAIN DAN TANPA RIWAYAT PAUD KELOMPOK BERMAIN (Studi Kasus di SDN Purwantoro 1 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa. Maka perlu diadakan pendidikan yang sangat dibutuhkan bagi ilmu pengetahuan anak di masa yang akan dating. Pendidikan sejak dini telah didirikan untuk mencetak generasi penerus bangsa. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan salah satu bentuk pendidikan anak di usia pra sekolah. Semakin maraknya PAUD Kelompok Bermain membuat masyarakat tertarik untuk mengikutsertakan anak-anak ke dalam PAUD Kelompok Bermain dan mampu membentuk prestasi belajar yang memuaskan di usia sekolahnya. Sehingga perlu diadakan penelitian mengenai perbedaan prestasi belajar anak di usia sekolah dengan riwayat PAUD Kelompok Bermain dan tanpa riwayat PAUD Kelompok Bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar antara anak sekolah dengan riwayat PAUD Kelompok Bermain dan tanpa riwayat PAUD Kelompok Bermain. Jenis penelitian ini adalah komparatif studi yang dilakukan di SDN Purwantoro I Malang pada tanggal 28 April 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak yang duduk di kelas 1 dengan jumlah 100 siswa, sebagai sampel adalah seluruh siswa kelas 1 dengan riwayat PAUD Kelompok Bermain dan tanpa riwayat PAUD Kelompok Bermain sesuai dengan teknik total sampling. Variable dalam penelitian ini antara lain prestasi belajar anak sekolah dengan riwayat PAUD Kelompok Bermain dan prestasi belajar anak sekolah tanpa riwayat PAUD Kelompok Bermain. Untuk menguji perbedaan yang ada, peneliti menggunakan uji-t dengan separated varians. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa harga t hitung < t table sehingga dapat di simpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi antara anak sekolah dengan riwayat PAUD Kelompok Bermain dan tanpa riwayat PAUD Kelompok Bermain. Sehingga, secara keseluruhan, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara anak dengan riwayat PAUD Kelompok Bermain dan tanpa riwayat PAUD Kelompok Bermain. Hal ini terjadi karena prestasi belajar belajar anak tidak dipengaruhi oleh latar belakang pendidikanya. Tetapi, latar belakang pendidikana anak dengan PAUD kelompok bermain akan berpengaruh pada proses tumbuh kembanganak. Sehingga di harapkan pemerintah mampu mengarahkan proes pembelajaran dalam PAUD Kelompok bermain agar menjadi lebih bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di tahap perkembangan anak selanjutnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:15
Last Modified: 31 Oct 2015 04:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo