UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN POLA HIDUP SEHAT PADA PENDERITA HIPERTENSI (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kedung Kandang Malang)

SIRRIYAH, FAHIMATUS (2008) PENGELOLAAN POLA HIDUP SEHAT PADA PENDERITA HIPERTENSI (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kedung Kandang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi sebenarnya adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi, yang di bawa oleh darah, terhambat oleh jaringan tubuh yang membutuhkannya. Penderita hipertensi seringkali mengabaikan penyakit hipertensi yang dideritanya karena penderita pada umumnya tidak mengalami keluhan yang mencolok bahkan sakit kepala sekalipun. Di sinilah pengelolaan pola hidup sehat hipertensi sangat diperlukan bagi penderita hipertensi tersebut guna menghindari terjadinya keparahan atau komplikasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dan seberapa besar pengelolaan pola hidup sehat pada penderita hipertensi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jumlah populasi 550 penderita, jumlah sampel 20 responden. Cara pengambilan sampel dengan nonrandom Sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah 45% penderita mempunyai pola hidup sehat cukup baik dalam upaya mengurangi konsumsi / asupan garam, 40% penderita mempunyai pola hidup sehat cukup baik dalam upaya menghindari kegemukan, 45% penderita mempunyai pola hidup sehat cukup baik dalam upaya membatasi konsumsi lemak, dan 30% penderita mempunyai pola hidup sehat yang baik dalam upaya membina hidup yang positif. Dari hasil tersebut dapat dianalisis bahwa pola hidup sehat yang dikelola mempunyai prosentase yang sama antara pola hidup sehat yang pertama dan pola hidup sehat yang ketiga yaitu cukup baik. Dan didapatkan data yang seimbang pula antara yang cukup baik dengan kurang baik dengan prosentase 35% : 35% pengelolaan pola hidup sehat pada penderita hipertensi, sebagian kecil (20%) baik, dan sisanya (10%) kurang baik. Saran untuk selanjutnya bagi penderita adalah penderita mengerti akan pentingnya pengelolaan pola hidup sehat pada hipertensi, sehingga mampu mencegah terjadinya keparahan dan komplikasi lebih lanjut. Dan bagi peneliti selanjutnya agar mengetahui hubungan pengelolaan pola hidup sehat pada penderita hipertensi dengan tingkat kesembuhan penderita hipertensi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:10
Last Modified: 31 Oct 2015 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo