UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT UGD RSD DR. R SOEDARSONO PASURUAN TENTANG PERAN PERAWAT (CARE GIVER) TERHADAP PEMASANGAN KATETER URINE SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)(Studi Observasi di Ruang UGD RSD Dr. R. Soedarsono Pasuruan)

RAHMA, AMALIA FAZILLA (2008) TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT UGD RSD DR. R SOEDARSONO PASURUAN TENTANG PERAN PERAWAT (CARE GIVER) TERHADAP PEMASANGAN KATETER URINE SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)(Studi Observasi di Ruang UGD RSD Dr. R. Soedarsono Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perawat berperanan penting dalam memenuhi kebutuhan eliminasi pasien, sehingga kebutuhan pasien dapat terpenuhi sebaik mungkin dan meminimalkan terjadinya efek samping dari hasil pelayanan yang mereka berikan kepada pasien tersebut, termasuk pelayanan dalam pemasangan kateter sesuai dengan prosedur yang ada. Oleh sebab itu dalam menjalankan peranannya perawat harus mampu memberikan perawatan yang menyeluruh dalam arti tidak hanya sekedar pelayanan fisik atau medis namun juga harus memperhatikan pelayanan dalam bentuk psikologis dan social. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai tingkat pengetahuan tentang peran perawat terhadap pelaksanaan Pemasangan kateter urine sesuai SOP di ruang UGD RSD Dr. R. Soedarsono Pasuruan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari basil kuisioner, yang dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2007. Setelah itu, data dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi distribusi. Melalui hasil jawaban kuisioner menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan perawat dalam Pemasangan kateter urine yang dilakukan kepada pasien di ruang UGD RSD R. Soedarsono Pasuruan sudah tergolong cukup baik (72.2%) hal ini dikarenakan mayoritas perawat masih dalam kisaran usia yang produktif sehingga mereka masih memiliki daya nalar yang masih baik. Dengan demikian peneliti memberi saran untuk meningkatkan pengetahuan tentang keperawatan sehingga dapat meningkatkan peran perawat sebagai Care Giver.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:09
Last Modified: 31 Oct 2015 04:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo