UMM Institutional Repository

GAMBARAN AKTIVITAS POSYANDU DALAM PENGELOLAAN GIZI BURUK (KURANG GIZI) PADA BALITA DI UNIT KERJA PUSKESMAS DINOYO (Studi Observasi di Kelurahan Dinoyo kota Malang)

SA'DAH, EVA WANI (2008) GAMBARAN AKTIVITAS POSYANDU DALAM PENGELOLAAN GIZI BURUK (KURANG GIZI) PADA BALITA DI UNIT KERJA PUSKESMAS DINOYO (Studi Observasi di Kelurahan Dinoyo kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak tahun 1989 angka prevelensi gizi burk secara nasional mengalami stagnasi,belum ada penurynan prevelensi berarti. Data tahun 2003 menunjukkan prevelensi anak balita gizi buruk di Indonesia 8,55%, sehingga perlu perhatian dan peningkatan penanganan. Kurang kalori protein (KKP) masih merupakan masalah utama di Indinesia. KKP merupakan akibat dari interaksi antara berbagai factor tetapi yang paling utama adalah konsumsi makanan yang kurang memadai baik kualitas maupun kwalitas. Di tinjau dari segi umur anak balita yaitu anak yang berumur di bawah lima tahun merupakan anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang dan merupakan golongan yang rawan terhadap kekurangan kalori protein. Penilaian status gizi pada anak balita di pantau melalui kegiatan penimbangan di Posyandu, atau melalui surve khusus untuk monotoring status gizi pada anak, cara pengukurannya status gizi anak dengan jalan mengukur berat badan anak lalu di bandingkan dengan umur anak, penilaiannya menggunakan grafik yang ada pada KMS (Kartu Menuju Sehat) Adalah merupakan cara pengukuran yang sangat sederhana, sehingga dapat di lakukan oleh masyrakat sendiri, terutama para kader kesehatan yang ada di Posyandu. Tujuan : mengetahui gambaran aktivitas Posyandu dalam pengolaan gizi buruk (kurang gizi ) pada balita di unit kerja Puskesmas di Posyandu di wilayah 1-6 Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Metode : jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif dengan jumlah sample 6 Posyandu dari 6 Posyandu yang diambil teknik total sampling. Pengumpulan data di lakukan dengan lembar observasi dengan menggunakan rumus presentasie. Hasil dari analisis data di dapatkan bahwa gambaran aktivitas Posyandu dalam pengolalaan gizi buruk pada balita, di ketahui bahwa dari 6 posyandu 4 Posyandu (67%) termasuk aktif, 2 Posyandu (33) termasuk cukup aktif, dan 0 Posyandu (0%) termasuk kurang aktif. Dari hasil penelitian ini di harapkan Posyandu mempertahankan dari program-program Posyandu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 03:53
Last Modified: 31 Oct 2015 03:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo