UMM Institutional Repository

FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB DIABETES MELLITUS PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI PUSKESMAS LAWANG

APRILYANTI, RISKA DEWI (2008) FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB DIABETES MELLITUS PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI PUSKESMAS LAWANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diabetes menyebar sejalan dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Jika diamati kegiatan masyarakat yang mengaku modern maka ada kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat yaitu senang makanan cepat saji, gaya hidup minim gerak, yang di dukung dengan faktor usia, keturunan, kegemukan, tingkat ekonomi dan pola makan yang salah. Di puskesmas Lawang terdapat penderita diabetes mellitus yang belum diketahui faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab diabetes mellitus pada penderita diabetes mellitus di puskesmas Lawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sampel yang digunakan adalah penderita diabetes mellitus di puskesmas Lawang dengan jumlah 35 orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal. Dengan deskriptif dihasilkan faktor internal mayoritas adalah faktor usia (57,143%) sedangkan genetik/keturunan (45,714%). Dari faktor eksternal didapatkan hasil paling mayoritas adalah pola makan yang salah (62,857%) di dukung dengan minimnya aktivitas/olahraga (48,5714%). Berdasarkan penelitian diatas faktor-faktor penyebab diabetes mellitus pada penderita diabetes mellitus banyak disebabkan karena pola makan yang salah, dikarenakan tingginya konsumsi gula dan makanan yang berkolesterol tanpa diikuti dengan aktivitas yang memadai. Minimnya aktivitas yang dilakukan saat remaja dan usia yang makin lanjut merupakan faktor pendukung dari pola makan yang salah sehingga timbullah masalah pada pemanfaatan gula dalam tubuh. Dari hasil penelitian ini maka perlu adanya perluasan informasi baik oleh petugas kesehatan maupun oleh masyarakat tentang kemungkinan yang timbul dari pola hidup yang kurang benar. Diharapkan penelitian ini menjadi wacana dalam mengantisipasi timbulnya penderita diabetes lebih banyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 03:43
Last Modified: 31 Oct 2015 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19002

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo