UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DI PANTI GRIYA ASIH LAWANG DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARI

YULIATIN, YULIS (2008) IDENTIFIKASI TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DI PANTI GRIYA ASIH LAWANG DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses menua tidak dapat dihindari oleh semua orang. Proses penuaan pada lanjut usia sering ditandai oleh adanya peningkatan ganguan organ dan fungsi tubuh, hal ini disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan pada lansia yang meliputi: Perubahan fisik,psikologi, sosial dan spiritual.sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap kemandirian lansia dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari Identifikasi tingkat kemandirian sangat penting untuk mengukur sejauh mana kemandirian yang mampu dilakukan oleh lansia, karena untuk menghambat peningkatan jumlah lanjut usia yang terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga diperlukan dasar pengetahuan dan keterampilan yang telah diselidiki dan dipelajari dan juga pemikiran yang tajam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kemandirian lansia di panti Griya Asih Lawang dalam melakukan Aktivitas kehidupan sehari-hari. Populasi yang diteliti adalah lansia yang tinggal di panti griya asih lawang. Sampel sebanyak 23 orang responden dengan tehnik sampling jenuh. Jenis penelitian menggunakan metode deskripsi dengan tehnik pengumpulan data menggunakan quesioner dengan tehnik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lansia dalam kategori mandiri (56,52%),, ketergantungan ringan (13,04%), ketergantungan sedang (13,04%) dan ketergantungan berat (17,40%). Sedangakan kegiatan yang dilakukan lansia di panti Griya Asih Lawang juga tergolong baik. Dengan adanya kemandirian pada lansia diharapkan mereka mampu mempertahankan tingkat kemandiriannya sebaik mungkin sedangkan lansia yang masih belum mampu mandiri (memiliki ketergantungan) hendaknya sedikit demi sedikit melatih kemandiriannya dalam melakukan aktivitas sehingga mampu untuk mandiri. Untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai faktor yang mempengaruhi tingkat kemandirian pada lansia di wilayah yang sam atau wilayah yang mempunyai karakteristik sam dengan wilayah penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 03:37
Last Modified: 31 Oct 2015 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo