UMM Institutional Repository

FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN PASIEN YANG DILAKUKAN PEMERIKSAAN DALAM DI POLI KANDUNGAN RSD KABUPATEN MALANG

NAZILAH, AINUN (2008) FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN PASIEN YANG DILAKUKAN PEMERIKSAAN DALAM DI POLI KANDUNGAN RSD KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sikap pasien wanita yang datang ke Rumah Sakit untuk periksa berbeda dengan sikap penderita pria, lebih-lebih apabila ia datang untuk keluhan alat kelaminnya, cenderung menunjukkan gejala-gejala kecemasan, kegelisahan, rasa takut dan rasa malu. Faktor jenis kelamin menjadi salah satu kriteria yang banyak dipilih, apakah dokter kandungan dan kebidanan tersebut perempuan atau pria biasanya menjadi alasan tersendiri untuk memilih dokter kandungan dan kebidanan berdasarkan jender. Biasanya yang bersangkutan tidak perlu merasa risih atau sungkan ketika sang dokter melakukan proses pemeriksaan, terutama pemeriksaan dalam. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel yang diambil sejumlah 20 responden. Adapun tekhnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposif sampel dan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor internal yang melatar belakangi kecemasan adalah mekanisme koping pasien sebesar 12 orang dengan prosentase 60%, namun 11 orang dengan prosentase 55% pasien setelah dilakukan pemeriksaan dalam sudah bisa mengontol rasa cemasnya (mempertahankan mekanisme kopingnya). Dan faktor eksternal adalah karena faktor kurang kooperatifnya atau kedekatan antara tenaga kesehatan (perawat) terhadap pasien setelah dilakukan pemeriksaan dalam sebesar 17 orang dengan prosentase 85%. Mengingat pentingnya profesionalisme dalam bekerja, maka bagi perawat yang bekerja di ruangan agar dapat memberikan motivasi atau penjelasan kepada pasien untuk dapat mengurangi kecemasannya terhadap pemeriksaan dalam yang dilakukan oleh team medis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 03:35
Last Modified: 31 Oct 2015 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19000

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo