UMM Institutional Repository

STUDI PENGETAHUAN BAHAYA PENGGUNAAN FORMALIN PADA MASYARAKAT DESA SUKOSEWU KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

UTAMI, AGUNG SRI (2008) STUDI PENGETAHUAN BAHAYA PENGGUNAAN FORMALIN PADA MASYARAKAT DESA SUKOSEWU KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini Formalin digunakan sebagai desinfektan, antiseptik, dan dalam dunia kedokteran dipakai untuk pengawet mayat. Tetapi saat ini penggunaan formalin banyak disalah gunakan untuk mengawetkan untuk bahan konsumsi. Jika formalin sudah masuk kedalam tubuh, akan bereaksi secara kimia sehingga menekan fungsi sel, mematikan sel dan akhirnya akan menyebabkan keracunan dalam tubuh. Berdasarkan hasil pemantauan BPOM di Surabaya, dari 91 contoh pangan olahan yang dijual di pasaran sebanyak 24 diantaranya positif mengandung formalin. Maka atas dasar fenomena diatas, peneliti tertarik ingin melakukan penelitian dengan judul "Studi Pengetahuan Bahaya Penggunaan Formalin Pada Masyarakat Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro" yang dilaksanakan pada bulan November 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang bahaya penggunaan formalin. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan Probability Sampling populasi 266 responden, dan besar sampel 60 responden, sampling yang digunakan simple random sampling. Cara pengambilan data dengan kuesioner, pengolahan data dengan coding, skoring dan kemudian di prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masayrakat tentang bahaya penggunaan formalin di Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro berada pada tingkat pengetahuan kurang sebanyak 33 responden (55%). Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi tentang bahaya penggunaan formalin serta disebabkan karena sebagian besar latar belakang penduduk bermata pencaharian sebagai buruh dan IRT yang kurang perduli tentang informasi terbaru. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat di Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tentang bahaya penggunaan formalin adalah kurang. Sebaiknya petugas kesehatan diharapkan bisa memberikan penjelasan pada masyarakat tentang efek penggunaan formalin pada makanan dan diperlukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan dan efek yang ditimbulkan.oleh formalin bagi kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 03:24
Last Modified: 31 Oct 2015 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo