UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI POLA TIDUR PADA PERAWAT YANG BEKERJA DI UGD RSUD KABUPATEN MALANG

LESTARI, ASTRI PUJI (2008) IDENTIFIKASI POLA TIDUR PADA PERAWAT YANG BEKERJA DI UGD RSUD KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu perusahaan yang memerlukan kerja shift bagi karyawannya salah satunya yaitu perawat . Dampak kerja shift yang terutama adalah gangguan Circadian ritme yang menyebabkan gangguan pada pola tidur, kekurangan tidur dan kelelahan yang berakibat terjadinya penurunan kewaspadaan. Di rumah sakit beberapa kesalahan pemberian obat terjadi terutama pada perawat dinas shift malam. sekitar 50,9 persen perawat yang bekerja di empat provinsi di Indonesia mengalami stress kerja, sering pusing, lelah, tidak bisa beristirahat karena beban kerja terlalu tinggi dan menyita waktu, gaji rendah tanpa insentif memadai. Peningkatan beban kerja perawat dari empat pasien jadi enam orang telah mengakibatkan 14 persen peningkatan kematian pasien yang dirawat dalam 30 hari pertama sejak dirawat di rumah sakit. Ini menunjukkan adanya hubungan antara jumlah kematian dengan jumlah perawat per pasien dalam sehari. Perawat yang bekerja di UGD biasanya mempunyai tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan perawat diruangan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaiman pola tidur pada perawat yang bekerja di UGD meliputi kualitas, kuantitas, karakteristik, dan faktor yang mempengaruhi tidur. Metode Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, pada 16 orang perawat yang di UGD RSUD Kab. Malang yang bekerja dalam tiga shift yaitu pagi, siang dan malam. Hasil penelitian didapatkan bahwa responden yang memiliki kualitas tidur baik adalah sebanyak 14 responden (87,5%), yang memiliki kuantitas tidur baik adalah sebanyak 10 responden (62,5%), responden yang memiliki karakteristik baik sebanyak 4 responden (25 %), yang memiliki karakteristik cukup sebanyak 9 responden (56,25 % ) serta responden yang shift kerja merupakan faktor yang mempengaruhi pola tidur baik 3 responden (18,75%) tidak terpengaruh oleh shift kerja, 15 responden (93,75%) yang pola tidurnya baik walaupun tidak minum obat tidur. Diharapkan pada perawat untuk dapat mengetahui pola tidur yang dialaminya dan dapat mencegah atau mengobati bila ada gangguan pola tidur. Hal ini penting karena apabila terjadi gangguan tidur maka akan mempengaruhi kondisi tubuh dan mengakibatkan atau berpengaruh terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 02:37
Last Modified: 31 Oct 2015 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo