UMM Institutional Repository

HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS DENGAN SIKLUS MENSTRUASI SISWI SMA NEGERI 4 MALANG

SOVIANINGSIH, SOVIANINGSIH (2008) HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS DENGAN SIKLUS MENSTRUASI SISWI SMA NEGERI 4 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas dapat digambarkan sebagai gerakan yang energik dalam suatu pergerakan, terdapat aktivitas ringan, aktivitas sedang dan aktivitas berat. Tingkat aktivitas merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita, karena aktivitas yang dilakukan seseorang dapat berpengaruh terhadap hormon yang yang berperan dalam siklus menstruasi. Adanya keragaman siklus menstruasi pada wanita, dalam hal ini frekuensi menstruasi setiap bulannya, lamanya menstruasi dan banyak sedikitnya perdarahan., sehingga terdapat perbedaan antara wanita satu dengan yang lain. Dari fenomena-fenomana tersebut penulis tertarik untuk meneliti seberapa jauh hubungan antara tingkat aktivitas dengan siklus menstruasi pada siswi SMA Negeri 4 Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode analitik dan dilakukan secara cross sectional. Populasi yang diambil adalah siswi SMA Negeri 4 Malang, dengan cara pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 94 responden. Hasil-hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel, diagram dan narasi, serta dilakukan uji statistik chi-square dengan taraf signifikan  = 0,05 serta nilai X2 hitung = 6,5503 dan X2 tabel = 7,815 maka X2 hitung < X2 tabel berarti tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat aktivitas dengan siklus menstruasi siswi SMA Negeri 4 Malang. Siklus menstruasi yang tidak normal pada siswi atau remaja putri merupakan suatu hal dimana kondisi tubuh mereka yang belum stabil dapat menyebabkan siklus menstruasi mereka juga belum stabil. Disarankan kepada siswi atau remaja putri untuk tetap melakukan aktivitas karena dengan beraktivitas dapat meningkatkan kesehatan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 02:35
Last Modified: 31 Oct 2015 02:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo