UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA JENIS CAIRAN TERAPI INTRAVENA DENGAN TINGKAT KEPARAHAN FLEBITIS (Studi di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang)

SURYANINGSIH, UNUN (2008) HUBUNGAN ANTARA JENIS CAIRAN TERAPI INTRAVENA DENGAN TINGKAT KEPARAHAN FLEBITIS (Studi di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Flebitis adalah suatu peradangan pada pembuluh darah (vena) yang dapat terjadi karena adanya injury misalnya oleh faktor (trauma) mekanik dan faktor kimiawi, yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada endothelium dinding - dinding pembuluh darah khususnya vena. Salah satu faktor penyebab terjadinya flebitis adalah jenis cairan yang digunakan oleh pasien selama dirawat di Rumah Sakit. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara jenis cairan intravena dengan tingkat keparahan flebitis pada responden di RSIA Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan metode pengambilan sampel melalui tehnik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument lembar observasi dilakukan selama 3 hari (72 jam). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasilnya Penelitian yaitu dari 10 responden yang diteliti didapatkan hasil (X kuadrat hitung) = 2,85 dan (X kuadrat (0.05)(1)) = 3,84 nilai (X kuadrat hitung)< (X kuadrat (a)(dk)) dengan taraf kesalahan 5 % maka Ho diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara jenis cairan intravena dengan tingkat keparahan flebitis Saran untuk peneliti selanjutnya adalah perlu dilakukan penelitian selanjutnya tentang hal ini dengan jumlah sampel yang lebih memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 02:27
Last Modified: 31 Oct 2015 02:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo