UMM Institutional Repository

PENGETAHUAN REMAJA JALANAN DI KOTA MALANG MENGENAI KESEHATAN REPRODUKSI

ADHI, TATANG TRISNA (2008) PENGETAHUAN REMAJA JALANAN DI KOTA MALANG MENGENAI KESEHATAN REPRODUKSI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehadiran anak jalanan tidak bisa dilepaskan dari keberadaan kota besar. Semakin cepat perkembangan sebuah kota semakin besar jumlah anak jalanan. Kehidupan di jalanan bagi sebagian anak mempunyai dampak yang positif dan negatif, segi negatifnya adalah kerawanan dalam kecelakaan serangan penyakit akibat cuaca, dan diikuti dampak lingkungan pergaulan sehari-hari yang buruk salah satunya mengenai masalah kesehatan reproduksi. Dalam kehidupan anak jalanan, pengetahuan bersumber dari informasi yang diperoleh di jalanan. Kehidupan tersebut menyebabkan mereka membentuk pengetahuan mereka sesuai dengan apa yang mereka lihat, mereka dengar, dan mereka rasakan. Pengetahuan kesehatan reproduksi yang rendah memudahkan terjadinya perilaku kesehatan reproduksi yang keliru. Hal ini disebabkan karena pengetahuan merupakan faktor predisposisi perilaku. Sedangkan fenomena anak jalanan ini merupakan suatu bagian dari ruang lingkup dari ilmu keperawatan yakni keperawatan kesehatan komunitas yang merupakan sintesis dari praktek keperawatan dan praktek kesehatan keluarga, masyarakat dan kelompok khusus salah satunya yakni kehidupan anak jalanan yang diaplikasikan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan dari kominitas itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengetahuan remaja jalanan di Kota Malang mengenai kesehatan reproduksi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sampel yang diambil adalah remaja jalanan usia 11-18 tahun yang berada di Kota Malang yang berjumlah 63 responden dengan jumlah populasi 343 jiwa, menggunakan tehnik sampling consecutive sampling. Penelitian ini menggunakan Kuesioner sebagai instrumen penelitian, setelah data diperiksa dan dinyatakan sesuai dengan harapan penelitian, kemudian data dimasukan dalam tabel distribusi frekuensi dan dilakukan prosentase, kemudian hasilnya dimasukan kedalam kriteria standart penelitian (Baik, Cukup, Kurang, dan Tidak baik). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil yaitu responden yang memiliki pengetahuan baik (71,4%), cukup (22,2%), kurang (4,8%), dan tidak baik (1,6%). Sehingga didapatkan hampir seluruhnya responden memiliki pengetahuan baik mengenai kesehatan reproduksi, maka dari itu diharapkan bagi perawat untuk lebih meningkatkan layanan keperawatan yang komprehensif kepada kelompok khusus (anak jalanan), sehingga asuhan keperawatan dapat terlaksana secara optimal serta berorientasi yang lebih luas khususnya mengenai kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 02:20
Last Modified: 31 Oct 2015 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18986

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo