UMM Institutional Repository

PERSEPSI ORANGTUA TENTANG TEMPER TANTRUM DAN CARA MENGATASI PADA ANAK USIA 2 - 4 TAHUN DI PAUD AMANAH MALANG

AGUSTINE, DWIKA SANUBARI (2008) PERSEPSI ORANGTUA TENTANG TEMPER TANTRUM DAN CARA MENGATASI PADA ANAK USIA 2 - 4 TAHUN DI PAUD AMANAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada umumnya anak-anak maupun orang dewasa biasanya akan marah bila ia mengalami "frustasi". Faktor penyebab marah umumnya karena orang tidak mampu memecahkan masalah. Faktor lainnya berkaitan pribadi orang, Adakalanya ungkapan amarah anak disertai dengan tindakan dekstruktif atau perilaku negative, misalnya berteriak, menyepak, melempar serta berguling-guling dilantai. Kebiasaan ini didapat anak dari meniru tingkah laku teman atau bahkan kebiasaan orang tua mereka. Ungkapan amarah anak itu dikenal dengan istilah temper tantrum. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orangtua tentang temper tantrum dan cara mengatasinya pada anak usia 2 - 4 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana dalam pengambilan sampelnya menggunakan metode non random sampling yaitu menggunakan sampling jenuh. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebesar 20 orang.Pada penelitian ini data dianalisa dengan menggunakan Skor T yang nantinya didapatkan hasil yang termasuk persepsi positif dan persepsi negatif Dari penelitian ini didapakan bahwa persepsi orangtua tentang temper tantrum dan cara mengatasinya terdapat 60% orangtua memiliki persepsi yang positif dan 40% memilki persepsi yang negatif. Disebutkan bahwa 60 % memiliki persepsi yang positif, salah satu yang mempengaruhi persepsi yaitu cognisi (pengetahuan) yang mencakup penafsiran orangtua tentang tanda dan perilaku temper tanturm serta penanganannya. Sedangkan yang memiliki persepsi negatif sekitar 40% bisa dikarenakan pengetahuan yang kurang akan temper tantrum dancara penanganannya. Adapun saran yang bisa disampaikan yaitu meningkakan stimulasi oangtua akan pola asuh yang tepat dengan tidak memanjakan anak dan mendampingi mereka saat belajar serta bermain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 02:07
Last Modified: 31 Oct 2015 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo