UMM Institutional Repository

KAJIAN PERILAKU DAN FAKTOR PERGAULAN BEBAS SISWA SMA SHALAHUDDIN KOTA MALANG

MUSAINI, MOH ARIS (2008) KAJIAN PERILAKU DAN FAKTOR PERGAULAN BEBAS SISWA SMA SHALAHUDDIN KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pergaulan bebas dikalangan remaja khususnya di Kota Malang sangat berkembang pesat. Hal ini mungkin disebabkan beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenakalan bagi remaja diantaranya adalah faktor diri pribadi, faktor keluarga, faktor masyarakat dan lingkungan, dan faktor sekolah. Dari pergaulan bebas tersebut munculnya beberapa kenakalan remaja karena mereka tidak peduli dengan lingkungan disekitarnya, sehingga mereka bebas melakukan apapun asalkan mereka mendapatkan kepuasan untuk menyalukan energi psikologisnya guna memperoleh pengakuan, penerimaan, dan perhatian dari orang lain. Maka sering kali remaja salah menentukan jalan hidupnya akibatnya mereka melakukan tindakan tindakan yang salah seperti melakukan tindak kejahatan kekerasan, perilaku seks bebas, penyalahgunaan obat dan merokok, kriminalitas, dan lain lain. Remaja ini merupakan suatu bagian dari ruang lingkup dari ilmu keperawatan yakni keperawatan kesehatan komunitas yang merupakan sintesis dari praktek keperawatan dan praktek kesehatan keluarga, masyarakat dan kelompok khusus. Metode Penelitian Deskripsi Exploratif, pada 122 orang remaja di SMA SHALAHUDDIN Kota Malang yang di ambil sebagai sampel dalam penelitian. Pengambilan sample ini berdasarkan Consecutive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (38.52%) responden pernah merokok, 2.45% pernah menggunakan Alkohol, 9.83% pernah melakukan dugem, 1.63% pernah melakukan hubungan seks, maka dari itu diharapkan bagi perawat untuk lebih meningkatkan layanan keperawatan yang komprehensif kepada kelompok khusus (remaja), sehingga asuhan keperawatan dapat terlaksana secara optimal serta berorientasi yang lebih luas khususnya tentang pertumbuhan dan perkembangan bagi fase remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 02:03
Last Modified: 31 Oct 2015 02:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18981

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo