UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PERAN KELUARGA DENGAN PROSES PENYEMBUHAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI KELURAHAN SONGGOKERTO

ERNAWANTO, ERWEN (2007) HUBUNGAN PERAN KELUARGA DENGAN PROSES PENYEMBUHAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI KELURAHAN SONGGOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keluarga adalah sistem pendukung yang utama untuk mencegah seorang anggota keluarga jatuh pada keadaan maladaptif. Banyak sekali perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh keluarga yang berdampak salah satu anggota keluarganya jatuh pada keadaan maladaptif, hal ini disebabkan karena keluarga adalah wadah utama yang sangat penting dalam melakukan pencegahan primer, sekunder, ataupun tersier. Dari fenomena tersebut diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan peran keluarga dengan proses penyembuhan pasien gangguan jiwa. Desain penelitian yang digunakan adalah Analitik Observasional jenis Cross Sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan peran keluarga dengan proses penyembuhan pasien gangguan jiwa. Jumlah populasi yang ada 16 populasi, tehnik sampling yang digunakan adalah Total Sampling, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 16 responden . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang telah diuji validitasnya dan realibilitasnya guna mengetahui pelaksanaan peran keluarga, dan dilakukan wawancara guna mengetahu proses penyembuhan pasien gangguan jiwa. Dari hasil penelitian didapatkan data kurang lebih 62,5% anggota keluarga telah melaksanakan perannya dirumah dan 68,75% anggota keluarga telah melaksanakan perannanya di rumah sakit, dan sisanya adalah nilai anggota kel;uarga yang belum melaksanakan peranannya dengan baik. Dari hasil itu didapatkan nilai 62,5% anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa telah dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Untuk mengetahui adanya hubungan dilakukan Analisa uji Chi Square. Pada Analisa Uji Chi Square dengan teraf signifikasi didapatkan X 2 hitung = 9,06 dan X 2 tabel dengan taraf signifikasi 0,05 adalah 3,84. Dari analisa ini kita dapat mengetahui bahwa nilai X 2 hitung > X 2 tabel yang artinya Ho ditolak atau Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan yang sangat signifikan antara peran keluarga dengan proses penyembuhan pasien gangguan jiwa. Mengacu pada hasil analisa diatas dapat disimpulkan bahwa keluarga Kelurahan Songgokerto telah banyak menjalankan perannanya dalam melakukan perawatan pasien gangguan jiwa, dan hasilnya 62,5% anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa telah dinyatakan sembuh. Maka dari realita diatas disarankan kepada pihak kleluarga agar senantiasa menjalankan peranannya masing-masing agar tidak sampai salah satu anggota keluarga terjatuh pada kondisi maladaptif, dan disarankan pada institusi kesehatan yang melakukan perawatan dengan tidak melibatkan peran serta keluarga agar merubah sistem perawatannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 28 Oct 2015 03:58
Last Modified: 28 Oct 2015 03:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18917

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo